Implementasi Morning Story Sebagai Penguatan Gerakan Literasi Sekolah

Novia Rofiqoh Rahmayanti, Maya Kartikasari, Ivayuni Listiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk implementasi morning story untuk menguatkan literasi membaca siswa di SDN 01 Klegen, (2) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan implementasi morning story untuk menguatkan literasi di SDN 01 Klegen. Metode penelitian yang dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas VA, dan siswa kelas VA. Teknik pengumpulan data dengan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian dengan pengumpulan data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Implementasi morning story yang dilaksanakan setiap pagi dikelas dapat melatih kedisiplinan, keberanian, dan kepercayaan diri siswa untuk tampil didepan banyak orang, (2) Kegiatan morning story didukung dengan adanya fasilitas pojok baca disetiap kelasnya, perpustakaan sekolah, bus perpustakaan yang di fasilitasi oleh Perpusda yang membawa berbagai macam buku referensi baru untuk dibaca siswa, dan kemauan siswa itu sendiri untuk mau membaca. Kurangnya rasa percaya diri dan ketakutan siswa untuk tampil didepan banyak orang dapat menjadi penghambat dalam kegiatan tersebut.


Keywords


Morning Story; Gerakan Literasi Sekolah

Full Text:

PDF

References


Agisty Fitriani, Adjie, N., Dewi, F., & Risty Justicia, R. (2019). Studi Kasus Perkembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Bercerita. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 29–37. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.825

Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224

Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Dewi, Martina Mutiara& Nani, Nurhaeni. (2020). Manfaat Storytelling Bagi Anak: Review Artikel. Majalah Kesehatan. 7(3), 201-211

Dharma, K. B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 70–76Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 810–817. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Mandalawati, Titin Kuntum. (2018) Children's Friendly Education Through The "Morning Story" School Culture As An Efforts To Strengthen Student Characters In Sd 01 Kanigoro Madiun. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs), 1(1) National Seminar on Elementary Education

Permendikbud No.23 tahun 2015 tentang Pertumbuhan Budi Pekerti

Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1390–1400.

Romzah, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bercerita Dengan Kalimat Efektif Dengan Menerapkan Pendekatan Communicative Language. 04(01), 128–141.

Sugiani, K. A., Adhijaya, A. A. N., & Restami, M. P. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Desa Yayasan Project Jyoti Bali (Ypjb) Melalui Storytelling Di Masa Pandemi. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(2), 128–138. https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.117

Ummami, W., Wandra, D., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2020). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1673–1682.

Wahyuni, Wiwik Dwi., Suhartono, Edi., & Atok, Risyid Al. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Di Depan Kelas Melalui Model Pembelajaran Storytelling. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 6(2), 538-544.

Wiedarti, Pangesti; Laksono, K., Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., Sufyadi, S., Roosaria, D. R., Faizah, D. U., Sulastri;, Rahmawan, N., Rahayu, S. R., Yusuf SA, A., & Antoro, B. (2019). Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah Dasar.

Yunianika, I. T., & . S. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 507. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331


Refbacks

  • There are currently no refbacks.