Implementasi gerakan literasi sekolah melalui dongeng pagi hari (dopari) di SDN 02 Mojorejo Kota Madiun

Fidya Nur Azizah, Sri Budyartati, Nur Samsiyah

Abstract


Kemampuan literasi merupakan kemampuan yang penting dikuasai peserta didik di abad ke 21. Kemampuan utama yang dibutuhkan yaitu literasi dasar, kompetensi dalam memecahkan masalah, dan kualitas karakter. Literasi dasar menjadi kemampuan inti peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini saling berhubungan dengan tuntutan dalam keterampilan membaca yang memahami informasi secara kritis, analitis, dan reflektif. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi gerakan literasi sekolah melalui dongeng pagi hari (dopari) di SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Subjek penelitian dipilih di SDN 02 Mojorejo Kota Madiun karena SDN 02 Mojorejo Kota Madiun karena sudah mengimplementasikan gerakan literasi sekolah melalui dongeng pagi hari. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu peneliti sendiri, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis data menggunakan model kualitatif dari Miles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Gerakan Literasi Sekolah melalui Dopari di SDN 02 Mojorejo Kota Madiun sudah berjalan dengan baik jika dilihat dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Dongeng Pagi Hari “Dopari” di SDN 02 Mojorejo Kota Madiun sudah terlaksana dengan maksimal jika dilihat dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta dapat meningkatkan minat baca dan kedisiplinan peserta didik.

Keywords


Literasi; Gerakan Literasi Sekolah; Dopari

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965

Hidayah, L. (2017). Implementasi budaya literasi di sekolah dasar melalui optimalisasi perpustakaan: Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 1(2), 48–58. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/791

Koesoma A, D. et al. (2017). Pedoman Penilaian dan Evaluasi Gerakan Literasi Nasional. Kemendikbud : Jakarta.

Suarta, I. (2019). Peranan Dongeng Lokal Dalam Memperkaya Literasi Nasional. 41–53. https://core.ac.uk/download/pdf/226298667.pdf

Supriyanto, H., & Haryanto, S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat membaca siswa di SMP Negeri 2 Pleret Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, V(2), 68–82. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23216

Teguh, M. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolahuntuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional, 18–26.

Tryanasari, D., Aprilia, S., & Cahya, W. A. (2017). Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 173. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1641

Winarsih, S., & Bawawa, M. (2019). Gerakan literasi di Sekolah Dasar. Musamus Journal of Language and Literature, 2017, 810–817. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/lite/article/view/2418


Refbacks

  • There are currently no refbacks.