Penerapan Media Pembelajaran PPT Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar

Mudyah Nafiah, Raras Setyo Retno, Candra Dewi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media pembelajaran power point terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IVA SD Nurul Hikmah Ibnazzaman Desa Banyurip Kecamatan Sambungmacan, Kabupaaten Sragen pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas, penelitiaan ini terdiri dari 4 tahap yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitiaan menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menerapkan media pembelajaran PPT Interaktif di kelas IVA mengalami peningkatan setelah melakukan tindakan. Pada siklus I, rata-rata presentase aktivitas siswa aspek afektif 78,5%. Pada aspek psikomotorik rata-rata presentase 79,7% dan presentase ketuntasan hasil belajar siswa keseluruhan 38%. Pada siklus II rata-rata presentase aktivitas siswa aspek afektif pertemuan 91,6%, pada aspek psikomotorik 82,5% dan pada siklus II presentase ketuntasan hasil belajar siswa 88,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran PPT Interaktif dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD Nurul Hikmah Ibnazzaman Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022.

Keywords


PPT Interaktif; Hasil Belajar; Materi Pecahan

Full Text:

PDF

References


Fachrurarzi: (2017). pembelajaran matematika realistik di sekolah dasar pada materi fpb dan kpk dengan model penyajian paket makanan. Urnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1, 113–122.

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92

Illahi, T. A. R., Rahmawati, I., & Setyawan, A. (2021). Pemanfaatan Media Interaktif Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Siswa Kelas V SDN Sumurwelut 1/438 Surabaya. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 1(2), 130–141. https://doi.org/10.52620/jeis.v1i2.11

Susmiati. (2021). Penggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Di Kelas V Sdn 118275 Sialang Pamoran Ii Kecamatan Silangkitang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 3(2), 1–12.

Tristanti, S., & Nafiah, N. (2020). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sdn Losari Jombang. In National Conference for Ummah (NCU), 1(1), 623–630. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/689

Wahyuningsih, S. (2015). Jurnal Teknologi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 59–67. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329

Mandasari, N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SDN Pandean Lamper 02 Semarang. Jurnal Paedagogy, 8(3), 328. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3886

N. Juniarti, Y. Bahari, W. R. (2015). Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(April), 1–11.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939

Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2021). Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 118–123. https://doi.org/10.37301/jcp.v0i0.44

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.34

R.Novita, S. . H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di Smk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 10–21.

Fuad, A. J., & Permatasari, A. D. (2019). Penggunaan Media Slide Powerpoint dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 61–78. https://doi.org/10.33367/jiee.v1i1.683

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyadi, M. (2019). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939

Dewi, C. (2016). Implementasi Metode Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas V Se ... Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal, 1, 15–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.