PENGARUH MEDIA POSTER BERBASIS KINEMASTER PADA HASIL BELAJAR TEMA 6

Nur Lina Febriya, Nur Samsiyah, Tri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media poster berbasis KineMaster
pada hasil belajar siswa tema 6 Panas dan Perpindahannya di SDN 01 Manisrejo. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas 5, yaitu kelas 5A sebagai kelas eksperimen dan kelas 5B sebagai kelas kontrol
penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yaitu kuantitatif Quasy
Eksperimen dengan pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes hasil belajar peserta
didik. Hasil penelitian ini meliputi : Penggunaan media poster berbasis KineMaster dapat
mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen
dengan media poster berbasis KineMaster yaitu nilai pretest 67,083 dan posttest 79,166 lebih
unggul dibandingkan nilai pretest dan posttest kelas kontrol dengan media poster tanpa berbasis
KineMaster yaitu nilai pretest 63,333 dan posttest 71,250. Penggunaan media poster berbasis
Kinemaster berpengaruh signifikan terhadap nilai hasil belajar tema 6 Panas dan Perpindahannya


Keywords


Media Poster; KineMaster; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Adnyana, P. B., Citrawathi, D. M., & Dewi, N. P. S. R. (2020). Efektivitas pelatihan

pembuatan Flipped classroom video dengan Smartphone dan aplikasi Kinemaster

(Program PkM). Jurnal Senadimas Undiksha, 1758–1765. Efektivitas pelatihan

pembuatan Flipped classroom video dengan Smartphone dan aplikasi Kinemaster

(Program PkM)

Darmawan Deni. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Hafizatul, K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran

Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa …, 39–44.

http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41218

Hildayanti,Samsuri Andi Sukri, A. A. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Poster

Dalam Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 77 Kanaeng

Kabupaten Takalar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(2), 518–529.

Hujair, S. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Kaukaba Dipantara.

Nurrita Teni. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187.

https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Rosarina Gina, Sudin Ali, S. A. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 195–207.

http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/110

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta.

Sadiman Arief S, Harjito, Haryono Anung, R. R. (2014). Media Pendidikan : Pengertian,

Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenadamedia Group.

Suryani Nunuk, Setiawan Achmad, P. A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan

Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya.

Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter

Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295.

https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168


Refbacks

  • There are currently no refbacks.