Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring di SDN 02 Mojorejo Kota Madiun

Gianita Dea Muktiasari, Endang Sri Maruti, Sri Budyartati

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan sistem pelaksanaan pembelajaran
siswa dari daring ke luring di SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif deskriptif , dengan menggunakan metode ini bertujuan untuk dapat mengetahui informasi
terkait perubahan sistem pelaksanaan pembelajaran di SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metode untuk mengumpulkan data yaitu: observasi,
wawancara dan dokumentasi. Pada hasil penelitian ini perubahan sistem pelaksanaan pembelajaran
siswa dari daring ke luring di SDN 02 Mojorejo Kota Madiun sangat mempengaruhi dalam proses
belajara mengajar. Dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evalusi dalam pembelajaran. Dan juga
dalam hasil penelitian ini perubahan sistem laksanaan pembelajaran terhadap siswa mengalami
beberapa perubahan seperti antusias siswa yang lebih baik dan partisipasi siswa dalam
pembelajaran yang meningkat


Keywords


pembelajaran; daring; luring

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Ranika Cipta

Khotijah, S., Rahayu, D. W., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Analisis Persepsi Guru

dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu

Pendidikan, 3(5), 2834–2846. http://dx.doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1003

Lindawati, Y. I. dan C. A. R. (2019). Adaptasi Guru Dalam Implementasi Pembelajaran

Daring Di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP,

(2252), 58–66.

http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&i

d=9987

Nabila, N. A. (2020). Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jurnal Pendidikan,

(01), 1689–1699. https://psyarxiv.com/an4vq/download

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal

Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa

Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49.

https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.