Penerapan Pembelajaran HOTS Dengan Metode Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V Di SDN Sukosari Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022

Suprianto Suprianto, Sudarmiani Sudarmiani, Mohammad Rifai

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V muatan pelajaran IPS semester 1 melalui penerapan Pembelajaran HOTS menggunakan metode Project Base Learning, metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Subyek peneltian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sukosari Kec. Kauman Kab. Ponorogo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan yaitu teknik analisa kualitatif . Adapun hasil penelitian sebagai berikut : 1) Kualitas pembelajaran menggunakan Project Base Learning secara berturut turut dari siklus 1 dan siklus 2 adalah 76,19 dan 90,48; 2) Sedangkan kemampuan HOTS pada prasiklus 36, 84%, siklus 1 dan siklus 2 secara berturut turut yaitu 73,68 % dan 90 %. Hal ini sudah diatas target dari penelitian yaitu ≥ 50% dan 3) Ketuntasan hasil belajar IPS pada prasiklus 36, 84% sedangkan pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu 73, 7% dan 90%. Dari hasil penelitian untuk ketuntasan belajar sudah diatas indikator keberhasilan yaitu di atas 75 % sehingga penelitian ini cukup sampai dua siklus.

Keywords


Pembelajaran HOTS; Project Base Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.

Helmiati, ( 2012 ) , Model Pembelajaran, Yogyakarta, Aswaja Pressindo.

Kamdi. (2007). Model Pembelajaran Problem Based Learning (online) tersedia: http://www.sekolahdasar.net/2011/10/model-pembelajaran-problem-based.html?m-1 [02 Juli 2021].

Nasution dan Arafat Lubis. (2018 ), Konsep Dasar IPS, D.I. Yogyakarta, Penerbit Samudra Biru.

Rusdiana dan Yety Heryati, ( 2015 ), Pendidikan Profesi Keguruan Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif. Bandung, Pustaka Setia.

Nurdyansyah dan Fahyuni, ( 2016 ), Inovasi Model Pembelajaran, Sidoarjo, Nizamia Learning Center.

Rusydi Ananda (2018 ), Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Medan : LPPPI

Sugiyono. (2020 ), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sudarmiani, Supri W.U.(2019). Implementasi Pembelajaran Problem Solving Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.