Model Pembelajaran Role Playing: Keefektivannya dalam Kemampuan Berbicara Bahasa Jawa Siswa

Nafalia Anjartama Putri, Lingga Nico Pradana, Fida Chasanatun

Abstract


Berbicara sangat diperlukan untuk menunjang kehidupan bermasyarakat sehari - hari. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran role playing dalam melatih kemampuan berbicara siswa menggunakan Bahasa Jawa. Penelitian ini melibatkan siswa kelas V MIN 2 Kota Madiun dengan sampel sebanyak 78 siswa yang terdiri dari 39 siswa dari kelas eksperimen dan 39 siswa kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian quasi eksperimental design dengan bentuk Pre-test Post-test Control Design. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan tes lisan atau praktik yang dilakukan kepada siswa. Selain itu juga diperlukan dokumentasi yang meliputi silabus, RPP, profil sekolah, serta data yang menunjang penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil post-test diketahui bahwa nilai rerata kelas eksperimen mencapai 75,8, sedangkan nilai rerata kelas kontrol mencapai 66,5. Dengan demikian dapat dikatan bahwa model pembelajaran role playing lebih efektif untuk melatih kemampuan berbicara siswa menggunakan Bahasa Jawa

Keywords


Model role playing; Kemampuan berbicara; Pembelajaran bahasa jawa

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A. (2016). Pemilihan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa IbuPada Keluarga Etnik Madura di Kecamatan Patrang. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 126–128.

Arafik, M., & Rumidjan, R. (2016). Profil Pembelajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 55–61. https://doi.org/10.17977/um009v25i12016p055

Arifin, E. L. (2021). Application Of Role Playing Techniques In Improving The. Journal of Learning and Instruction Volume, 4(1), 29–40.

Asfuri, N. B. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Pada Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri 02 Malangjiwan Colomadu Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 3(1), 63–72.

Basri, H. (2014). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Film terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(2), 107–115.

Chotimah, C., Untari, M. F. A., & Budiman, M. A. (2019). Analisis Penerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun. International Journal of Elementary Education, 3(2), 202–209. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18529

Dewi. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459.

Hartati, N. (2021). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I, 1–12.

Haryati, T., Suciptaningsih, O. A., & Widodo, S. (2017). Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Penelitian (SNHP)-VII Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. http://prosiding.upgris.ac.id/ index.php/LPPM2017/LPPM2017/paper/view/1963

Mahardika, S., Setyaningrum, F., Guru, P., Dasar, S., & Dahlan, U. A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Fundamental Pendidikan Dasar, 3(3), 251–259.

Mbeni, O. (2019). Implementation Of The Role Playing Method To Improve Grade 1 Students ’ Speaking Skills In An Indonesian Language Lesson At Primary. November 2017, 333–347.

Ningsih, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 243–256.

Oktivianto, O. I., & Hudaidah. (2018). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Film terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 113–118. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p113-118

Palopo, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran di Sekolah Dasar. Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 221–230.

Patonah, N. N., & Sumartini, S. (2019). Penerapan Model Role Playing dalam Kemampuan Berbicara Siswa di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, 1471–1477.

Priatna, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role playing Terhada Keterampilan berbicara siswa kelas IV SD pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. 10(2), 71–76.

Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(1), 112–121. https://doi.org/ 10.30587/jtiee.v1i1.112

Sari, R. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2, 61–67.

Siskatrin, I. (2020). Metode Bermain Peran, Keterampilan Berbicara . Journal of Elementary Education, 03(02), 39–43.

Tarigan, H. G. (2019). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan berbahasa. Angkasa.

Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.89


Refbacks

  • There are currently no refbacks.