Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema 7 Melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle

Cheche Hellen Mikky Yulliya, Ibadullah Malawi, Fida Chasanatun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tema 7 Subtema 1 dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) di kelas V SD Negeri 03 Madiun Lor kota Madiun. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Madiun Lor. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, teknik tes (soal), dokumentasi,dan wawancara. data yang digunakan yaitu teknik sumber dengan menggunakan hasil wawancara siswa dan guru Teknik analisis. Pengecekan data dengan menggunakan triangulasi sumber kemudian ditarik kesimpulan hasil analisis. Penarikan kesimpulan data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS tema 7 dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) mengalami peningkatan yaitu dari siklus I yang dapat dikategorikan cukup dan siklus II dapat dikategorikan baik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Tema 7.

Keywords


Model pembelajaran inside outside circle; Hasil belajar; IPS tema 7

Full Text:

PDF

References


Rusman. 2015. Model-model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Depok. PT Rajagrafindo Persada.

Paizaluddin & Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teori Dan Praktis. Bandung. Alfabeta

Huda,Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar Offset.

Sigmarlatu,R.,Ritiauw,S.P., & Mahananingtyas,E.(2019). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Latihan SPG Aambon. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan 47(45-61)

https://doi.org/10.30598/pedagogikavol7issue1page45-61

Jauhar,S.T.,Kadir,A., & Wahyuni.(2017).Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 37-38 https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5067

Sukmadewi,N.N.Kd., Mahadewi,L.P.P., Yudiana,K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle terhadap Hasil Belajar IPS.Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 191 (190-199) https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18251

Saputri,R., Darmiany, & Nisa,K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap Hasil Belajar pada Muatan Materi IPS Siswa Kelas IV SDN Kidang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 624 (623-628) 10.29303/jipp.v6i4.310

Sembiring,A.BR., Simarmata,E.J,. Juliana, & Silaban,P.J,.(2022).Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pelajaran). 13-14. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8510

Dewi,S.S., Uswatun,D.A., & Sutisnawati,A. (2020). Penerapan Model Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas Tinggi. Jurnal Utile (Jurnal Pendidikan). 88. https://doi.org/10.37150/jut.v6i1.720

Hidayat1,A., & Mudjiran. (2022)Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6 (5981-5982). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2916

Sasmito,L.F. (2015). Peningkatan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Inside Outside Circle Pada Peserta Didik Kelas V SDN. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha. 2 (37)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.