Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD

Pangestika Endah Pramesty, Tri Wahyuni Chasanatun, M. Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis video animasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 01 Manisrejo Kota Madiun. Video animasi merupakan media pembelajaran yang mencakup gambar, tulisan, dan suara yang membantu dalam menyampaikan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group design yang mana desain ini hampir sama dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SDN 01 Manisrejo yang terdiri dari 52 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan  ganda. Tes berupa pretest dan posttest. Tahap awal diberikan pretest pada masing-masing kelas, kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan video animasi pada kelas eksperimen, pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa. Lalu diberikan posttest untuk mengetahui kemampuan akhir siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai sig>0,05, sehingga data berdistribusi normal. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000, nilai sig 0,000<0,05 maka hasil uji t dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan di kelas IV SDN 01 Manisrejo.

Keywords


Video animasi; pembelajaran tematik; hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Adam, Steffi & Taufik Syastra Muhammad. 2015. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam.” CBIS Journal 3(2):78–90.

Aini, Nur, Rizki Zuliani, & Candra Puspita Rini. 2021. “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv SDN V0 Pagi Jakarta Timur.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial vol 3(November):417–426.

Andriani, Eneng Yuli. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berikir Tingkat Tinggi Dan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 509:31–36.

Ayuningsih, Kartika. 2017. “Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran IPS Materi Menghargai Jasa Pahlawan Di Kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo.” JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education) 1(1):43. doi: 10.21070/jicte.v1i1.1129.

Dakhi, Agustin Sukses. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(3):350–61. doi: 10.36418/japendi.v1i3.33.

Febriani, Corry. 2017. “Pengaruh Media Video Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Prima Edukasia 5(1):11–21.

Fitrianingtyas, Anggraini, & Alvira Hoesein Radia. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas Iv SDN Gedanganak 02.” Mitra Pendidikan 1(6):708–20.

Friska, Sonia Yulia, Maulidya Tri Amanda, Ana Novitasari, & Gingga Prananda. 2021. “Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai.” 6(1):250–55.

Hanafy, Muh. Sain. 2014. “Konsep Belajar Dan Pembelajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 17(1):66–79. doi: 10.24252/lp.2014v17n1a5.

Hidayani, Masrifa. 2016. “PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013.” At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan Islam 15(1):150–65.

Lestari, Witri. 2017. “Pengaruh Kemampuan Awal Matematika Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Analisa 3(1):76. doi: 10.15575/ja.v3i1.1499.

Lubis, Maulana Arafat. 2016. Pembelajaran Tematik Di SD/MI. Vol. 85. Yogyakarta: Samudra Biru.

Maulida, Hani, Rizki Ananda, & Mutsyuhito Solin. 2019. “Pengembangan Media Berbasis Animasi Untuk Pembelajaran Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas XI MA.” Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya 06(12):621–32.

Nabillah, Tasya &. Abadi Agung Prasetyo. 2021. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Aquinas 4(1):60–64.

Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11(1):9–16.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3(1):171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

Putri, Eliza Nola Dwi, & Desyandri Desyandri. 2019. “Penggunaan Media Lagu Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 1(3):233–36. doi: 10.31004/edukatif.v1i3.52.

Rahmayanti, L., & F. Istianah. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Gugus Sukodono Sidoarjo.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6(4):254968.

Saputra, Hendra Dani, Faisal Ismet, & Andrizal Andrizal. 2018. “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 18(1):25–30. doi: 10.24036/invotek.v18i1.168.

Tambunan, Rudi. 2019. “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA ( The Influence of Using Learning Video and Interest o n Students ’ Learning Outcomes In Learning Science ).” (November):127–34.

Wahyuningtyas, Rizki, & Bambang Suteng Sulasmono. 2020. “Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1):23–27. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.