PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL DENGAN PENDEKATAN LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Nurhadifah Amaliyah, Perawati Bte Abustang, Waddi Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri sosial dengan pendekatan lesson study terhadap hasil belajar IPS. Penelitian yang dilakukan adalah  penelitian eksperimen dengan menggunakan analisis deskriptif dan Analisis statistik inferensial yang dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Prodi PGSD, sampel penelitian mahasiswa semester VI kelas B yang berjumalah 10 orang. Setelah menganalisis data, penulis menemukan bahwa pengaruh hasil belajar mahasiswa yang dilaksanakan sebelum penerapan model pembelajaran inkuiri sosial dengan pendekatan lesson study tergolong rendah yaitu nilai rata-rata hasil pretest adalah 40 – 54 dari banyak 6 mahasiswa, kategori 55-69 dengan jumlah mahasiswa 1, kategori sangat tinggi 70-84 dengan jumlah mahasiswa 2 dan kategori 0-39 dengan jumlah mahasiswa 1 orang dari 10 mahasiswa.  Jadi hasil belajar setelah menggunakan tindakan posttest lebih baik dari pada sebelum menggunakan tindakan. Selain itu presentase kategori hasil belajar mahasiswa juga meningkat, dikategorikan sangat tinggi yaitu 85-100 dengan jumlah mahasiswa 6 kategori 70-84 dengan jumlah mahasiswa 4 dengan jumlah mahasiswa dari 10 mahasiswa.

Keywords


Inkuiri Sosial, Lesson Study, Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta: Depdiknas.

Riandanu, A. O., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study terhadap Motivasi Belajar Geografi di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(9), 1211-1215.

Helek, E, F., Oetpah, V., & Seran, Y. (2016). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (10), 2047—2049.

Zainuddin, M., Budijanto & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (12), 2359—2364.

Hidayati, D. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran geografi. SKRIPSI Mahasiswa UM.

Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ips. Satya Widya, 35(2), 126-139.

Sumarmi. (2015). Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing

Zainuddin, M., Budijanto & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(12), 2359—2364

Anam, K. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Metode dan Aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andriani, E., Sumarmi., & Astina, I, K. (2016). Peningkatan Kompetensi Guru Pedagogik dan Kemampuan Akademik Siswa Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2106—2112.

Sato, manabu. 2012. Mereformasi Sekolah Konsep dan Praktek Komunitas Belajar. Tokyo: Pelita


Refbacks

  • There are currently no refbacks.