PENYELESAIAN MASALAH PECAHAN CAMPURAN SOAL CERITA TERHADAP LEARNING OBSTACLES

Arisa Putri Agustina, Endang Sri Maruti, Lingga Nico Pradana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui learning obstacles yang dihadapi siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan campuran mengenai soal cerita. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode atau pendekatan studi kasus dengan menggunakan tiga subjek. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa S1 dikategorikan cukup baik dan hanya memunculkan beberapa indikator learning obstacles, S2 dikategorikan kurang baik dalam menyelesaikan soal dan paling banyak memunculkan indikator learning obstacles, sedangkan S3 dikategorikan sangat baik dan hanya memuncurkan dua indikator learning obstacles.

Keywords


Learning Obstacles, Pecahan Campuran, Soal Cerita, Siswa SD

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Negara, H., Parihin, Fahlawi, S., & Fadli, H. (2021). Identifikasi hambatan Belajar Online Siswa pada Masa Pandemi COVID- 19 (Study Kasus : di Madrasah Tsanawiyah). Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 4(1), 11–12.

Asmar Bani. (2012). Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 1, No. 2, Oktober 2012 ISSN 2089-855X. 1(2), 81–96.

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). No Title No Title No Title. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.

Cahyono, H. (2019). FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MIN JANTI. JDPP. 7(1), 1–4.

Cortina, J. L., Visnovska, J, & Zuniga, C. (2014). Unit fractions in the context of proportionality: Supporting students' reasoning about the inverse order relationship. Mathematics Education Research Journal. DOI: 10.1007/s13394-013-0112-5

Cortina, J. L., Visnovska, J., & Zuniga, C.(2014). Equipartition as a didactical obstacle in fraction instruction. Acta Didactica Universitatis Comenianae Mathematics, Issue 14, 1-18

Febriansyah, A. (2016). JURNAL RISET AKUNTANSI PELINDUNG. Jurnal Riset Akuntansi, 8(2), 1–27. https://doi.org/10.34010/jra.v8i2.525

Fidayanti, M., Shodiqin, A., & Suyitno. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No.1, April 2020 P-ISSN : 2615-6148, E-ISSN : 2615-7330, 3(1), 88–96.

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Studi, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Johnson, dan Neill. 2010. Swadidik Matematika. Bandung: Pakar Raya

Komang, N., Dwianjani, V., & Candiasa, I. M. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 2(2), 153–166.

Lestari, U. P., & Suryadi, D. (2019). Analisis Learning Obstacle Pada Pembelajaran Nilai Tempat Siswa Kelas II SD [ Learning Obstacle Analysis on Place Value Learning in Students Class II Elementary School ]. Jurnal Pendidikan, 8(1), 61–68. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1854

Magdalena,T.,Surya,E.,(201).Pengaruh model Pembelajaran MEANSENDS ANALYSIS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas X SMA SWASTA BHAYANGKARI Rantauparapat. Prosiding seminar nasional teknologi humanora dan pendidikan,No.1

Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997

Mohammad Faizal Amir. (2015). PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 24 Oktober 2015 ISBN 978-602-70216-1-7, 2011, 34–42.

Mustamin Anggo. (2011). PELIBATAN METAKOGNISI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. 01(April), 25–32.

Ramdhani, S., Suryadi, D., & Prabawanto, S. (2021). Hambatan belajar matematika di pondok pesantren. Jurnal Analisa, 7(1), 46–55. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.10106

Rohmah, S. K. (2019). Analisis Learning Obstacles Siswa Pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4428

Septiani, R., Rusnayati, H., Siahaan, P., & Wijaya, A. F. C. (2018). Profil Hambatan Belajar Epistimologis Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI SMA Berbasis Analisi Tes Kemampuan Responden. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(1), 29– 34.

Sukirno Dini Ramadhani. (2016). ANALISIS LEARNING OBSTACLES DALAM PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH PENJUMLAHAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD, 3(April), 5–24.

Untari, E. (2013). Diagnosis kesulitan belajar pokok bahasan pecahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi. (13)1. Hlm. 1-8.

Yulia, N. 2016. Upaya Meningkatk Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MelaluiModel Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Di Kelas VIII/1 SMP Negeri 1 Besitang T.A 2015/2016. Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.