PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V SDN 02 MANISREJO

Alifahtul Moharromah, Ivayuni Listiani, Mayay Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbasis Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SDN 02 Manisrejo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pra Eksperimental Design jenis desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini  dalah seluruh peserta didik kelas V SDN 02 Manisrejo. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan cluster sampling dengan pengambian sampel berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi untuk mengukur kemampuan menyimak peserta didik. Data kemampuan menyimak diuji dengan menggunakan uji One Sampel Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CIRC berbasis Mind Mapping terhadap peningkatan kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas V SDN 02 Manisrejo. Hal ini ditujukan melalui uji One Sampel Test dengan hasiI sig(2.tailed) 0,000 artinya ada pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran CIRC berbasis Mind Mapping terhadap kemampuan menyimak mata pelajaran Bahasa Jawa kelas V SDN 02 Manisrejo.


Keywords


Model CIRC, Mind Mapping, Kemampuan Menyimak

Full Text:

PDF

References


Abdulrahman, T., As-syafi, U. I., Basalama, N., As-syafi, U. I., Widodo, M. R., & As-syafi, U. I. (2017). THE IMPACT OF PODCASTS ON EFL STUDENTS ’ LISTENING.

2. Anggia, V., Ariawan, N., Utami, N. T., Pendidikan, J., Sekolah, G., Dasar, J. P., & Indonesia, U. P. (2018). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar melalui implementasi model circ berbantuan media cetak, 1(2), 95–104.

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(23).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Buzan, T. (2012). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Faizah, S. N., & Sriyanto, M. I. (2020). Analisis keterampilan menyimak tayangan belajar di TVRI pada peserta didik kelas V sekolah dasar, (449).

Fitriani, L., Aksara, B., & Masalah, L. B. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Journal Institut Pendidikan, 1(1), 31–42.

Juniartini, N., & Rasna, I. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19 1Nme. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133–141.

Lestari, E. & Y. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.Refika Aditama.

Lestari, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menemukan Isi Puisi Bahasa Jawa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition ( Circ ) Siswa Kelas Viii C Smp Negeri 1 Kecamatan Mlarak. Jurnal Refleksi Pembelajaran, 3(2), 71–77.

Listiani, I. (2015). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY ( STS ) DISERTAI DENGAN MIND MAP ( MM ) UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA Ivayuni Listiani Prodi PGSD FIP IKIP PGRI MADIUN A . Pendahuluan Era globalisasi yang berkembang semakin. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(1), 112–128.

Lutfi, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks dengan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas VI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1564–1569. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1544

Madjid, A., Alam, N. A. R., & Aisah, A. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Tarikh Melalui Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Compotition). BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2). https://doi.org/10.29240/belajea.v4i2.792

Mulyana. (2014). Bahasa Jawa Kreatif: Panduan Lengkap Menulis dalam Bahasa Jawa. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Putri, A. R. (2016). PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA TUNARUNGU KELAS 5 DI SLB. Jurnal PEndidikan Khusus, 1–10.

Rahmatillah, R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5

Sanjaya, W. P., Putra, D., & ... (2020). Pembelajaran IPA Dengan Model Stad Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 191–202. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/26807%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/26807/16804

Sari, M. K. (2016). PENGARUH METODE KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III Maya Kartika Sari*. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(2), 133–146.

Setiawati, F. W., & Noveria, E. (2016). DENGAN KETERAMPILAN MENULISKAN KEMBALI BERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LUBUK ALUNG, (September), 117–123.

Sudiarni, N. K., & Sumantri, M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN MEMBACA PEMAHAMAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 71–81.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. (Alfabeta, Ed.). Bandung.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2015a). Metode Penelitian Pendidikan. (P. R. Rosdakarya, Ed.). Bandung.

Sukmadinata, N. S. (2015b). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.