Pengaruh Model Example Non Example Berbantukan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 01 Taman

Mellynia Dwi Nursafiri, Naniek Kusumawati, Raras Setyo Retno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Example Non Example berbantukan media Powtoon terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas IV SDN 01 Taman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Metode penelitian ini adalah True Experiment Design dengan jenis desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol.  Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar matematika menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Dari analisis data menggunakan uji t, diketahui ttabel = 2.069 untuk α 5% dengan dk = 25, apabila thitung = 5.784 > ttabel  = 2.069  maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh model Example Non Example berbantukan media Powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 01 Taman.


Keywords


Example non example; powtoon; hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pt Rineka Cipta.

Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122.

Fitriani & Nurjanah. (2019). Peranan E-Learning Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 102–110.

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104-114.

Habibah, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V Sdn 70 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 54–64.

Hadi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Materi Kelompok Sosial Dalam Upaya Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMAN 2 Banjar. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 15(2), 63–73.

Kadir, Abdul. (2015). Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 70–81.

Kurniati, B. I., Ahmad, H. J., & Rahmawati, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp Negeri 3 Batanghari. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23–30.

Kurniawati, N., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Tata Ruang Kantor ( Studi pada Siswa Kelas X OTKP SMK Pawiyatan Surabaya ). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9, 260–269.

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Taman Vokasi, 6(1), 98.

Mediatati, N. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 6 Salatiga. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 100-105.

Nopriana, T. (2015). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Bahan Manipulatif Terhadap Motivasi Belajar Matematika. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 80–94.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Mes: Journal Of Matematics Education And Science2, 2(1), 58–67.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448.

Suyanti, P., Hanifah, N., & Sunarya, D, T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Examples No Examplespada Materi Tokoh-Tokoh Sejarah Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gunungsari Putri. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2021–2030.

Yulia, D., & Ervinalisa, N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa IIS Kelas X Di SMA Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 15–24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.