Efektivitas Media Nearpod Terhadap Minat Belajar Siswa

Dinnar Anugrah Rahayu, Liya Atika Anggrasari, Octarina Hidayatus Solikah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaiman media nearpod efektif terhadap minat belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 01 Taman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  desain Quasi Experimental yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui bagaiman media nearpod efektif terhadap minat belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 01 Taman. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah angket. Uji hipotisis memakai uji t. Hasil uji hipotisis menunjukkan antara Post test eksperimen dan kontrol  diperoleh Thitung sebesar 3.958 lebih besar dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 2,007 (Thitung > Ttabel (0,05) = 3.958 > 2,007). Maka dapat di simpulkan bahwa (H1) diterima yaitu media nearpod  efektif terhadap minat belajar  matematika siswa kelas V SDN 01 Taman Kota Madiun.

Keywords


Media; Nearpod; Minat

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. R., Yumnah, S., Salam, M. F., Togatorop, F., Hutagalung, I. S. R., Ridan Umi Darojah, M., Zulaichoh, S., Haeran, & Halim, F. A. (2022). Pengembangan Minat dan Bakat Belajar Siswa. In Literasi Nusantara Abadi (p. viii+166). Literasi Nusantara Abadi.

Akrim. (2021). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa Belajar PAI Mencetak Karakter Siswa. In Pustaka Ilmu (p. vii+68). Pustaka Ilmu.

Burton, R. (2019). A Review of Nearpod-an Interactive tool for student engagement. Journal of Applied Learning & Teaching A Review of Nearpod – an Interactive Tool for Student Engagement, 2(2), 95–97.

Delacruz, S. (2014). Using Nearpod in elementary guided reading groups. TechTrends, 58(5), 62–69. https://doi.org/10.1007/s11528-014-0787-9

Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Development of nearpod-based e module on science material “energy and its changes” to improve elementary school student learning achievement. International Journal of Education and Learning, 3(2), 165–174. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i2.400

Hasan, M., Milawati, I., Darodjat, Harahap, T. K., & Tahrim, I. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Grub (p. v+260). Tahta Media Grub.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. In UMSIDA Press. UMSIDA Press.

Nurfadhillah, S. ; et al. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Pensa: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1338

Perez, J. E. (2017). Nearpod. Jurnal Of The Medical Library Association, 105(January), 108–110. https://doi.org/DOI: dx.doi.org/10.5195/jmla.2017.121 108 Nearpod.

Rahmawati, A. A., Churiyah, M., Bukhori, I., & Agustina, Y. (2022). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback Berbantuan Nearpod. Jurnal Pendidikan Menejemen Perkantoran, 7(1), 109–121.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Suhandi, A. (2017). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 168–184. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6804

Susanto, T. A. (2021). Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(5).

Teni Nurrita. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33511/misykat

Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Mandasari, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(6), 597–602. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.131

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.34


Refbacks

  • There are currently no refbacks.