Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Campuran

Reza Nurharista, Ibadullah Malawi, Octarina Hidayatus Sholihah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan campuran kelas V dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan campuran di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan 5 siswa dari kelas V SDN 4 Ngadimulyo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal dari siswa. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari diri siswa sedangkan faktor eksternal dari siswa, faktor eksternal tersebut disebabkan oleh faktor dari luar diri siswa, meliputi kurangnya kreativitas guru dalam mengajar, penggunaan media pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana sekolah dan keluarga. Penelitian ini mengungkapkan kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan campuran yang disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar tersebut.     


Keywords


Kesulitan belajar, operasi hitung.

Full Text:

PDF

References


Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.403

Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14

Nasaruddin, N. (2018). Karakterisik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63–76. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.93

Nugrahani, F. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Vol. 1, Issue 1).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Siregar, N. F., & Nasution, E. Y. P. (2019). Pembelajaran matematika berbasis higher order thinking skills. Prosiding Seminar Nasional Tadris (Pendidikan) Matematika, 20–27. http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/cacm/article/view/10%0Ahttp://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/cacm/article/download/10/16

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (6th ed.). PT Rineka Cipta.

Subekti, E. E. (2012). Menumbuh kembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadap Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v1i1.62

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas, 2(2), 1–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.