Peningkatan Kemampuan Menjawab Soal Cerita Siswa Sd Kelas V Menggunakan Model PBL

Andin Badiatus Sholikhah, Fida Chasanatun, Octarina Hidayatus Sholikah

Abstract


Matematikamerupakan pelajaran yangsejakdahuludikenaldengankesulitannya.
Membuat siswa merasa senang dalam belajar merupakan tujuan yang utama. Hal ini bisa tercapai,
jika guru selalu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk belajar. Pemilihan
model pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran di kelas,
khususnya dalam menjawab soal cerita matematika. Model PBL dirasa sesuai untuk diterapkan
pada pelajaran matematika, karena dengan penerapan model PBL akan mengasah kemampuan
siswa untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dan ini sesuai denga tujuan pembelajaran K13
yaitu pembelajaran harus bersifat bermakna dan siswa dapat memecahkan masalah yang terjadi di
kehidupansehari-hari.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpeningkatan
kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita siswa kelas V SDN 03 Trisono. Penelitian ini
merupakanPenelitianTindakanKelas.Pengumpulandatadilakukandenganobservasi,
dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitaif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menjawab soal cerita dapat meningkat
setelah penerapan model pembelajaranProblem Based Learningyang dilaksanakan selama II siklus.

Keywords


Soal Cerita, PBL, Matematika

References


Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap

Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165.

https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023.

Alisa, Y., Yennita, Y., & Irawati, S. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar

Siswa Smp Menggunakan Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 113–120.

https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.113-120.

Fauzia, H. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED

LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD Hadist

Awalia Fauzia. 7(April), 41.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan minat belajar

terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(2), 37–38.

https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi

Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal

Numeracy, 5(2), 226–235.

Maarif, H. (2015). EKSPERIMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DAN CIRC

DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SD

Pendidikan Guru Sekolah Dasar – FKIP – UKSW Salatiga. 97–115.

Oktaviani, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa

Kelas 5 Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137.

Simatupang, R., & Surya, E. (2017). Pengaruh Problem Based Learning ( PBL )

Terhadap Kemampuan Penalaran Pengaruh Problem Based Learning ( PBL )

Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. October.

Syahputri, N. (2018). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

SEKOLAH DASAR KELAS 1 MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI Nita. JSIK

(Jurnal Sistem Informasi Kaputama), 2(1), 90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.