Efektivitas pendekatan realistic mathematic education (rme) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika kelas IV SDN Sempu Kabupaten Ponorogo

Adnan Fauzi Nala Praja, Sri Budiarti, Nur Samsiyah

Abstract


Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui apakah model Realistik Mathematic Education (RME) efektif terhadap pemahaman matematika peserta didik kelas IV SDN Sempu Kabupaten Ponorogo. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design.  Kelompok Kelas eksperimen pada penelitian ini yaitu peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan pendekatan. Pada penelitian ini menggunakan 2 populasi adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sempu yang berjumlah 15 siswa dan siswa kelas IV SDN 2 Ngebel yang berjumlah 12 siswa. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan perhitungan statistic yaitu data yang bisa diukur dan yang akan dilihat korelasi. Uji statistik yang digunakan yaitu Uji-t (Paired T-Test). Berdasarkan kesimpulan yang dilakukan oleh penelitian adalah Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) lebih efektif dari pada menggunakan Pendekatan Konvensional ditinjau dari hasil post-test dan pre-test. Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang memiliki rerata yang lebih tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik dan pembelajaran yang digunakan lebih efektif.


Keywords


Pendekatan; Realistik Mathematic Education (RME); Efektif.

Full Text:

PDF

References


Alam, B. I. (2012). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematika Siswa Sd Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme). Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, November, 978–979.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahrudhin, A. G., & Zuliana, E. (2018). REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTU ALAT PERAGA BONGPAS. 1(1).

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280

Fahrudhin, A. G., & Zuliana, E. (2018). Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. 1(1)..

Fitriani, P., Permana, R., & Nugraha, M. F. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Realistic Mathemathic Education ( RME ) dengan Teknik Pair Cheks pada Materi Pecahan terhadap Prestasi Siswa SD. 3(2), 73–82.

Firdaus, A. (2018). Pendekatan Matematika Realistik dengan Bantuan Puzzle Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 243–252. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p243-252

Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103

Hobri. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Mashudi. (2016). Penerapan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematia Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 50–63.

Rme, M. E. (2012). P – 16 peningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika peserta didik sd melalui pendekatan. November, 978–979.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTS di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25.

Sutisna, A. P., & Subarjah, H. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik Dengan Rme. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 31–40.

Sugiono. (2019), Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Siyoto & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian, Kediri: Literasi Media Publishing.

Wulandari, Y., & Sutriyono. (2018). Deskripsi pemahaman konsep bangun datar oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Salatiga berkemampuan rendah. Maju, 5(2), 76–87.

Yulianto, Y., &Sutiarso, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, pp. 289-295).

Zahra, R., & Rina, N. (2018). Pengaruh celebrity endorser Hamidah Rachmayanti terhadap keputusan pembelian produk online shop mayoutfit di Kota Bandung. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 43-55.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.