Upaya meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media flash card

Khairunisa Nuril Ma’rufah, Muhammad Rivan, Gilang Aldi Alamsyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Purborejo melalui penggunaan media flash card. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) adalah metode penelitian yang kami pilih untuk menyusun karya ilmiah kali ini. Pada penelitian ini subjek penelitian kami adalah 12 siswa kelas 1 SDN Purborejo. Untuk pengumpulan data hasil kemampuan membaca siswa, berdasarkan kriteria dan indikator-indikator yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukan: siklus I rata-rata kemampuan membaca siswa adalah 16,67% dan tingkat persentase ketuntasan mencapai dengan tingkat kemampuan sedang. Pada siklus II rata – rata kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 83,4% dan tingkat kemampuan sudah tergolong tinggi dengan tingkat ketuntasan mencapai 66,66% sesuai dengan target yang telah ditetapkan peneliti yaitu 83% Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada kelas I SDN 1 Purborejo.


Keywords


Kemampuan Membaca; Media Flash Card.

Full Text:

PDF

References


Ani Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.

Dewi., D. S. K. W. B. P. R. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (D. Thomas (ed.); I). Media Maxima.

Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia (S. A. Pratiwi (ed.); p. 334).

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 7. https://jurnaldidaktika.org/

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas Ii Mi Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(201), 10–18.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

J, P. D. A. (2020). Analisis kemampuan Membaca permulaan Siswa kelas 1 SD Negeri 3 Ubud, Gianjar, bali. (I). Surya Dewata.

Lilis, M. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak (Rendy (ed.); I). Kencana.

Mor, N. (2019). Kementerian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi universitas pendidikan indonesia. 4(April), 2013163–2013165.

Mu’alimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Tori dan Praktik. 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf

Mu’awanah. (2011). Strategi Pembelajaran (I). STAIN Kediri Press.

Muhsyanur. (2014). Membaca (E. A. Subagyo (ed.); I). Buginese Art.

Pradana, R. A., & Santosa, A. B. (2020). Studi Literatur Media Pembelajaran Flash Card Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio Dan Televisi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 09(03), 575–583.

Subakti Hani., D. (2022). Pedoman Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Secara Teoritis dan Praktis (S. J. dan K. Abdul (ed.); I).

Udhiyanasari, K. Y. (2019). Berdasarkan peraturan yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 5 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa “ Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu ”. Hal ini juga sep. 3(1), 39–50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.