Implementasi E-modul “Kayanya Negriku” Berbasis Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Anggi Hanidya Purbasari, Candra Dewi, Ellys Mersina Mursidik

Abstract


Tujuan penelitian ini dilatar belakangi karena adanya permasalahan dalam hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar.  Rendahnya hasil belajar siswa tersebut dikarenakan siswa kurang dalam kegiatan mempelajari materi yang disampiakan oleh pendidik sehingga membuat siswa susah untuk menerima pembelajaran tersebut. dalam kasus tersebut pendidik bisa menggunakan media pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih semangat dalam belajar, sehingga siswa dapat menerima materi yang disampaikan oleh pendidik. Peneliti melakukan penelitian di SD Islam Siti Hajar Kota dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh E-modul “Kayanya Negriku” berbasis flipbook terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Peneliti menggunakan media tersebut karena dirasa media tersebut dapat menarik perhatian siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas IV A dan kelas IV B dimana kelas IV A digunakan sebagai kelas yang belum menggunakan media E-modul “Kayanya Negriku” berbasis flipbook sedangkan kelas IV B sebagai kelas yang menggunakan media E-modul berbasis flipbook. Dengan hasil pembelajaran menggunakan media pembelajaran E-modul “Kayanya Negriku” berbasis flipbook terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar.


Keywords


E-modul; Flipbook; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Andri, Y., Syamswisna, & Fitri, Y. L. (2016). Efektivitas pembelajaran kooperatif berbantuan media flipbook terhadap hasil belajar siswa sistem gerak manusia di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–9.

Anih, E. (2016). Modernisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(2), 185–196. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

ELVARITA, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987

Hakim, L. N., Wedi, A., & Praherdhiono, H. (2020). Electronic Module (E-Module) Untuk Memfasilitasi Siswa Belajar Materi Cahaya dan Alat Optik Di Rumah. Jurnal Kajian Teknologi …, 3(3), 239–250. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p239

Indria, J. (n.d.). MPLEMENTASI METODE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SE ...

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2018). Pengaruh Media Komik Digital Pelestarian Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SNasPPM, 3(1), 87–90. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105929

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/561

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.