Implementasi blended learning terhadap literasi digital siswa kelas v sekolah dasar sd siti hajar kota madiun

Dwinda Susi Rahmasiwi, Candra Dewi, Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Dalam dunia pendidikan saat ini telah berubah menjadi pola modern dengan memanfaatkan teknologi. Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran telah mengubah sistem pembelajaran menjadi pola modern yang bermedia Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada saat ini proses belajar mengajar sudah banyak memanfaatkan media digital. Blended learning sebagai upaya upaya mengatasi masalah rendahnya penguasaan literasi siswa di Indonesia, pemerintah mengadakan peningkatan kemampuan literasi pada  Sekolah Dasar. Hal ini sebagai pondasi bagi gerakan literasi ke jenjang selanjutnya. Anak harus mempunyai literasi digital yang baiksaat melakukan pembelajaran jarak jauh dapaf memilih sumber yang layak. Dalam model blended learning ini siswa dapat dengan baik mencari informasi , mampu menjawab tugas berupa foto dan vidio yang telah dikumpulkan dalam google form mengenai materi pembelajaran. Sedangkan model pembelajaran blended dapat bermanfaat dalam memperluas pengetahuan guru pada webiste edukasi

Keywords


Blended Learning; Literasi Digital.

Full Text:

PDF

References


Amita Tri Prasasti, Pinkan, and Candra Dewi. 2020. “Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. Untuk Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(1):66. doi: 10.23887/jisd.v4i1.24280.

Anggraeni, Helena, Yayuk Fauziyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. 2019. “Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam 9(2):190–203.

Anon. 2019. “, Shoffan Shoffa.” 5(1):88–99.

Cahyati, Chichi, Endang Surahman, and dan Diana Hernawati. 2019. “Student’ s Digital Literacy Skills and Learning Outcomes Through Discovery Learning Model.” Seminar Nasional Biologi, Saintek, Dan Pembelajarannya (SN-Biosper) Tahun 2019 365–72.

Dewi, Candra. 2022. “Analisis Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning Sistem.” 6:199–206.

Dewi, Candra, and Universitas Pgri Madiun. 2021. “Penguatan Literasi Digital Melalui Pembelajaran Social Studies Berbasis E-Learning Pada Siswa Sekolah Dasar.” 1602–8.

Hazmi, H. Y., M. Tahir, and M. Turmuzi. 2021. “Implementasi Blended Learning Pada Proses Pembelajaran 4.0 Dalam Rangka Meningkatkan Literasi Digital Peserta Didik Kelas 5 Sdn 5 Cakranegara.” Renjana Pendidikan Dasar 1(2).

Kade, Amiruddin, Muh Syarif, and S. Abd Syukur. 2019. “Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar.” Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online 7(3):51–55.

Nasionalita, Kharisma, and Catur Nugroho. 2020. “Indeks Literasi Digital Generasi Milenial Di Kabupaten Bandung.” Jurnal Ilmu Komunikasi 18(1):32. doi: 10.31315/jik.v18i1.3075.

Susanto, Erwin Joko. 2021. “Efektivitas Blended Learning Berbasis Blog Sebagai Lms Untuk Membangun Antusiasme Siswa Dalam Kegiatan Literasi Digital.” Prosiding Seminar Nasional Ahlimedia 1(1):74–82. doi: 10.47387/sena.v1i1.40.

Utari, Widi, Vitta Yaumul Hikmawati, and Aden Arif Gaffar. 2020. “Blended Learning : Strategi Pembelajaran Alternatif Di Era New Normal.” Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) Di Era Society 5.0” 262–69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.