Penggunaan metode complete sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat efektif peserta didik kelas III SDN 02 Pandean

Dwiky Prakoso, Ibadullah Malawi, Liya Atika Anggrasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam keterampilan menulis kalimat efektif pada siswa kelas III SD N Pandean kota Madiun melalui metode Complete Sentence dan mendeskripsikan proses pembelajaran dengan metode Complete Sentence yang dapat meningkatkan pada siswa kelas III SD N 02 Pandean kota Madiun. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 02 Pandean kota Madiun yang berjumlah 27 siswa dengan 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes keterampilan menulis kalimat efektif menggunakan metode Complete Sentence dan teknik observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik.

Keywords


Complete Sentence; Keterampilan menulis; Kalimat efektif.

Full Text:

PDF

References


Aryananda, J., Chamisijatin, L., & Hafi, A. (2019). Penerapan model think talk write untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat efektif pada siswa kelas III sdn Sumbersari 1 kota Malang. Jurnal Basicedu, 3(1), 118-124.

Burhanuddin. (2021). Pengaruh Metode Complete Sentence Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas III SDN 01 Korleko Tahun Pelajaran 2020/2021. Junral Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 5, No. 2. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/853

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal IlmiahKependidikan,IX(2),11.Http://Jurnalnasional.Ump.Ac.Id/Index.Php/Khazanah/Article/View/1062/983

Lestari, F. D. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Penerapan Metode Complete Sentence pada Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Bagor, Nganjuk. ( Universitas Sebelas Maret, 2015) https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/45110/Peningkatan-Kemampuan-Menulis-Deskripsi-dengan-Penerapan-Metode-Complete-Sentence-pada-Siswa-Kelas-VII-G-SMP-Negeri-1-Bagor-Nganjuk

Pradana, W. A. A. (2019). Peningkatan kemampuan penggunaan ejaan dan tanda baca pada menulis karangan sederhana melalui metode complete sentence pada peserta didik kelas III Sd.

Sari, I. F. R. (2018). Konsep dasar gerakan literasi sekolah pada permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 10(1), 89-100

Sari, I. P. (2021). Pengembangan Media Lift The Flap Book Materi Menulis Kalimat Efektif. Joyful Learning Journal, 10(1), 7-12.

Uzer, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Pada SMP Negeri 13 Palembang. Jurnal Sitakara, 5(1), 60-70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.