Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar

Nurma Rafika, Maya Kartikasari, Sri Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca yang dialami oleh siswa, hambatan-hambatan dalam kesulitan membaca permulaan, serta mengungkapkan upaya yang dilakukan untuk menangani kesulitan membaca permulaan pada kelas I SD Negeri Patihan Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Ada 3 teknik pengumpulan data yang dikumpulkan peneliti dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa kelas IA dan 2 siswa lainnya kelas IB. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 2 siswa yang memiliki kemampuan membaca dengan kategori baik dan 2 siswa lainnya memiliki kemampuan membaca denganĀ  kategori rendah. Karakteristik kesulitan membaca yang dialami siswa berkesulitan membaca antara lain sulit mengenal huruf, melakukan penghilangan, mengeja terbata-bata dan kelemahan berbicara cadel (pelo). Faktor yang menyebabkan kesulitan membaca permulaan siswa berasal dari faktor intern dan faktor ekstern.


Keywords


Kesulitan Membaca; Membaca Permulaan

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyati, T. (2014). Peningkatan kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 47-54.

Budyartati, S. (2016). Tes Kognitif Diagnostik untuk Mendeteksi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1(01).

Jamaris, Martini. (2015). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahim, Farida. (2011). Pembelajaran Membaca di Sekolahi Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.

Rizkiana, R. (2016). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Bangunrejo 2 Yogyakarta. Basic Education, 5(34), 3-236.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi). Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.