Implementasi pembelajaran lagu nasional pada pembelajaran SBDP di sekolah dasar

Agnin Witantina, Sri Budyartati, Dewi Tryanasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, meningkatkan penggunaan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan lagu wajib nasional dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif Studi Kasus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dan siswa sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu wajib nasional. Metode pengambilan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi digunakan untuk mengobservasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan tes yang dilakukan berupa tes tulis bertujuan untuk mengecek pengetahuan musik siswa tentang lagu wajib nasional dan tes unjuk kerja bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan lagu wajib nasional.

Keywords


Audio visual; Kemampuan Menyanyi; Lagu Wajib Nasional

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Astuti, dkk. 2013. Apresiasi Generasi Muda Terhadap Lagu-Lagu Perjuangan.Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNP).

Avianty, Sri. 2014. Pembelajaran Lagu Wajib Nasional Pada Peserta Didik. JurnalPenelitian Pendidikan Seni Musik.

Chabiba, Arbaiyah MN. dan Suprayitno. (2018) Integrasi MuatanKarakter Melalui Pmebelajaran SBDP di SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. JPGSD. Volume 6 Nomor 2 2018. Universitas Negeri Surabaya

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka

K. Yin, Robert. 2013. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Mansurdin dan Ofanida. (2017). Pembelajaran Bernyanyi Lagu Wajib Nasional Dengan Model Pembelajaran Langsung Di Sekolah Dasar di Kota Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pmebelajarran Sekolah dasar. Volume 1 Nomor 2. 2017. Universitas Negeri Padang

Mintargo dkk. (2014). Fungsi Lagu Perjuangan Sebagai Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Kawistara. Volume 4 Nomor 3 Desember 2014.

Moleong, Lexy. 2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Nurhayati, Lusi. 2009. Penggunaan Lagu Dalam Pembelajaran Bahasa InggrisUntuk Siswa SD, Mengapa dan Bagaimana?. Majalah Ilmiah PembelajaranNomor 1 volume 5.

Sari, Dwi P. (2016). Peranan Lagu nasional Dalam Pembentukan Nilai Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri semarang

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2011. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta

Sunarti, Rahmawati, Selly. (2014) Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.