Kesulitan membaca pemahaman siswa SD

Intan Ayu Tusfiana, Dewi Tryanasari

Abstract


Membaca merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasi oleh siswa di sekolah dasar, karena kemampuan membaca berkaitan langsung dengan proses pembelajaran. Membaca adalah suatu proses yang digunakan dan dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan atau informasi yang disampaikan penulis melalui tulisannya. Membaca pemahaman adalah suatu kegiatan membaca yang menitik beratkan pada isi bacaan. Dalam menguasai kemampuan membaca pemahaman seringkali ditemui beberapa hambatan dan gangguan yang dialami oleh siswa, sehingga menyebabkan mereka mengalami kesulitan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca pemahaman pada teks bacaan kelas V SDN 01 Manisrejo Kota Madiun.  Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, yaitu : analisis dokumen terkait dengan hasil evaluasi belajar formatif siswa kelas V SDN 01 Manisrejo Kota Madiun. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 3 siswa  yang mengalami kesulitan membaca pemahaman. Tingkat kesulitan yang dialami oleh siswa yaitu kesulitan dalam membentuk konsep dan mengembangkan kedalam unit-unit semantik,  kesulitan dalam relasi semantik, kesulitan dalam mengingat kembali isi bacaan dan kesulitan dalam kemantapan arti dari suatu kata baru.


Keywords


Kesulitan; membaca pemahaman; kelas tinggi

Full Text:

PDF

References


Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Hidayah, R. (2011). Profil Kemampuan Membaca Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ditinjau dari Jenis Sekolah dan Jenis Kelamin. Malang : Dosen Tetap Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Jana, N. (2015). hubungan antara skemata dan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman. Pendidikan bahasa inggris FKIP Universitas Lakidende, 34.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Cirebon : Prodi PGMI, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Mirasanthi, K. G., Suarjana, M., & Garminah, N. N. (2016). Analisis Kemampuan Siswa dalam Membaca Pemahaman pada Wacana Narasi Kelas V SD Negeri 1 Panarukan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Rahim. (2019). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2015). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan , 49.

Yusuf, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak dengan Probelma Belajar. Solo: Tiga Serangkai Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.