Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses belajar sains kelas III SDN Madiun Lor 04 Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2019/2020

Frida Dinar Rahmawati

Abstract


Inkuiri terbimbing adalah guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan untuk memberi pertanyaan awal dan mengarahkan pada suatu diskusi dan guru juga dapat memberikan penjelasan-penjelasan seperlunya pada saat siswa melakukan percobaan. Guru mempunyai peran aktif dalam menentukan permasalahan dan tahap-tahap pemecahannya. Tujuan inkuiri terbimbing yaitu untuk memberikan cara bagi siswa untuk membangun kecakapan-kecakapan intelektual (kecakapan berpikir terkait dengan proses-proses berfikir reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains kelas III SDN Madiun Lor 04 Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (posttest control group design). Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SDN Madiun Lor 04 seluruh kelas IIIA dan IIIB dengan jumlah 40 siswa. pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dari cara tersebut, diperoleh sampel yaitu, berjumlah 20 siswa kelas A sebagai kelas eksperimen dan berjumlah 20 siswa kelas B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar tes keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan analisis liliefors. Hasil analisis data menggunakan liliefors diperoleh nilai (0,1284) < (0,190) serta hasil analisis uji homogenitas diperoleh = 1,48 < = 2,16. pada uji hipotesis digunakan uji t, hasil analisis uji t diperoleh (3,89) > t tabel (1,68596). Karena t hitung > dari t tabel maka H_0  ditolak dan H_1 diterima. Artinya penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SDN Madiun Lor 04 Kabupaten Madiun berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains kelas III tahun ajaran 2019/2020.

Keywords


Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS.

Ertikanto, Chandra. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Juhji. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. 1 (1), 58-70.

Malawi, Ibadullah. 2015. Penelitian pendidikan. Magetan: CV.AE Media Grafika.

Munatri, Septi., Agus, Suyatno., Dwi, Yulianti. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat Kologatif Larutan Dikelas XI TKJ SMK Negeri 1 Buay Bahuga. 1 (4), 69-77.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ramdan, Sahri., Ida, Hamidah. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Melalui Penerapan Levels Of Inquiry Dalam Pembelajaran Ipa Terpadu. 7 (2), 105-133.

Rismawati, dkk. 2017. Penerapan Model Pemebelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Di SMK Negeri 02 Manokwari. 1 (8), 12-25.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Umami, Risa., Marungkil, Pasaribu., Amran,Rede. 2014. Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Inpres Bajawali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara. 2 (3), 157-166.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.