Penilaian sikap ilmiah dan pemahaman konsep siswa pada tema ekosistem dengan menggunakan model Guided Inquiry pada siswa kelas V SDN 02 Pangongangan

Siti Dwi Susanti, Sri Budyartati, Tri Wahyuni Chasanatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah siswa dan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model guided inquiry pada siswa kelas V/A SDN 02 Pangongangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di kelas V/A SDN 02 Pangongangan tahun pelajaran 2019/2020  jumlah siswa 22. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian terdiri tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian penelitian. Berdasarkan data yang terkumpul dapat di deskripsikan dan di analisis. Maka ditarik kesimpulan : 1) Penilaian sikap ilmiah, terhadap siswa kelas V/A  memiliki sikap ingin tahu, sikap kritis, sikap tanggung jawab, sikap terbuka, sikap percaya diri, sikap toleransi, sikap jujur, sikap teliti, sikap disiplin pada tema ekosistem dengan menggunakan model guided inquiry; 2) Pemahaman konsep siswa, dengan menggunakan model guided inquiry pada tema ekosistem sangat tepat untuk pemahaman konsep siswa.

Keywords


Penilaian Sikap Ilmiah; Pemahaman Konsep Siswa; Model Guided Inquiry

Full Text:

PDF

References


Antasari, N. (2017). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-13.

Aryani, PR. Akhlis, I., & Subali, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Terbimbing Berbentuk Augmented Reality pada Peserta Dididk untik Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan Fisika UPEJ Unnes, 8 (2), 90-101.

Hakim, A. R, & Mintohari. D. (2015). Pengaru model circuit learning terhadap hasil belajar siswa tema ekosistem di sekolah dasar. JPGSD, 3(2), 1-10.

Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, i. (2012). Pengaruh model pembelajaran generative dengan menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep cahaya kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta, 10(1), 79-88.

Hamid, M. A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37-46.

Hidayat, R, Suardana, I. N., & Sarini, P. (2019). KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI). 2(2). 104-115.

Muliani, A., Suastra, I. W., & Suswandi, i. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(1), 56-62.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Suryani, I. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran dengan Model Latihan Penelitian di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 217-227.

Trianto. (2020). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wicaksono, T.P., Muhardjito, M., & Harsiati, T. (2016). Pengembangan Penilaian Sikap dengan Teknik Observasi, Self Assessment, dan Peer Assessment pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang, Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 45-51.

Wisudawati, A. W & Sulistyowati, A. (2019). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Askara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.