ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU GUNA MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERUSAHAAN PADA PABRIK GULA REJO AGUNG MADIUN

Amanda Ayu Septiyanti, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem informasi akuntansi persediaan pada PG Rejo Agung Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini dapat dilakukan dengan wawancara dengan beberapa pihak yang terkait dengan penelitian.Hasil penelitian menunjukkan PG Rejo Agung Madiun telah memiliki kebijakan dan pedoman standar prosedur sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku. Dalam analisis penerapan sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku sudah sesuai namun belum optimal karena ada beberapa indikator yang belum sesuai dengan PG Rejo Agung Madiun.

Full Text:

PDF

References


Agoes, Sukrisno. (2012). Auditing. Edisi 4. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Bastian, Indra. (2009). Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. Cetakan Kedua. Yogyakarta: BPFE.

B. Romney, Marshall.,& John S. Paul. (2017). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi 13. Cetakan Keenam. Jakarta: Salemba Empat.

Desy, W.A, & Fadjrih, A.N. (2017). Peranan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada UD Nanita.Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. 6(8 ): 4-5.

Diana, Anatasia. & Setiawati, Lilis. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET

Djuhara, Djajun & Januariska. (2014). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Terhadap Pegendalian Intern Persediaan Barang Pada CV. Tri Multi Manunggal Band-ung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Enterpreneuship. 8(2): 113-114.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2017). Standar Akuntansi Keuangan Efektif Per 1 Januari 2017. Jakarta: Salemba Empat.

Kristiani, Irene. & Abriandi. (2013). Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Internal Atas Penggunaan Persediaan Bahan Baku Terhadap Laba Pada PT. Anugrah Spectra Glass.JMA. 18(2): 42-48.

Mahsun, Mohamad. (2013). Pegukuran Kinerja Sektor Publik. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Mardi. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Bogor: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.