PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN JARINGAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS XI DAN XII DI SMK NEGERI 2 JIWAN KABUPATEN MADIUN

Ika Devi Kurnia Putri, Supri Wahyudi Utomo, Farida Styaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan jaringan internet terhadap prestasi belajar siswa akuntansi kelas XI dan XII di SMK Negeri 2 Jiwan Kabupaten Madiun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis menggunakan regresi linear berganda, uji persial (uji t), uji simultan (uji F), dan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) media sosial berpengaruh signifikan terhadap prestasi, 2) jaringan internet berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dan 3) media sosial dan jaringan internet secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cahyono, anang. (2015). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Indonesia

Darmadi, Hamid. (2013). Dimensi-dimensi metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta

Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Fauzi, A. (2008). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Universitas Diponegoro.

Huda, M. (2016). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kadir, A. & Triwahyuni, T.C. (2005). Pengenalan Teknologi Informasi, Edisi Ii. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Latan dan Temalagi. (2013). Analisis Multivariate : Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Ibm Spss 20. Bandung : Alfabeta

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Simarmata, Janner. (2006). Pengenalan Teknologi Komputer Dan Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, Cetakan Ke-23. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, Cetakan Ke-23. Bandung: Alfabeta.

Hanafi, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Motivasi Belajar Siswa Visit Universitas Riau. (Vol.3 No. 2). Riau.

Listyanto dan Munadi. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Internet, Lingkungan Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar SMK. Jurnal pendidikan vokasi.

Rokhman dan Zakaria, (2015 Pengaruh Motivasi Dan Penggunaaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Di MAN 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. (vol 9, no 3). Yogyakarta

Rusno. (2010). Pengaruh penggunaan internet sebagai salah satu sumber belajar terhadap prestasi mahasiswa pendidikan ekonomi universitas kanjuruhan malang. (vol 6, no 2). Malang

Setyaningrum, dkk. (2016). Hubungan Penggunaan Media Jejaringan Sosial Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. (vol 4, no 8). Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter