ANALISIS RA SIO UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN (Studi pada Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan A set Daerah Kabupaten Magetan)

Puspa Damayanti, Isharijadi Isharijad𝐢, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pada Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan yang diukur dengan menggunakan rasio keuangan seperti derajat desentralisasi, rasio ke mandirian keuangan daerah, rasio efektivitas PAD dan pajak daerah, serta pertumbuhan pendapatan. Penelitian dilakukan di BPPKAD Kabupaten Magetan. Jenis penelitia n ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa der ajat desentralisasi menunjukkan kriteria kurang. Rasio kemandiri an keuangan daerah bersifat instruktif. Rata-rata rasio efektivitas bisa mencapai target, sedangkan efektivitas pajak daerah menunjukkan hasil yang sangat efektif. Dan pertumbuhan pendap atan mengalami peningkatan.

Full Text:

PDF

References


Daling, M. (2013). Analisis Kinerja Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Pemerintah Kabupaten Mi nahasa Tenggara. Jurnal EMBA. 1(3):82-89

Miartana, I.P., & Hardiyasa, I.P. (2016). Evaluasi Kinerja Rasio-rasio Keuangan Daerah di Provinsi Bali. J urnal Manajemen & Bisnis. 13(1):15-27.

Moleong, L.J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rem aja Rosdakarya

Mursyidi. (2009). Akuntansi Pemerintahan di Indonesia. Bandung : Refika Aditama. Natalia L., & Astuti T.D. (2015). Analisis Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja

Keuangan pada Pemerinta h Kabupaten Sleman. Jurnal Sosio-Humaniora . 6(1):55-72.

Prastowo, A. (20 16). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Rancangan Perspektif Penelitian. Jogjakarta: A r-Ruz Media.

Pilat, J.J., &Moras a J., (2017). Analisis Rasio Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Manado Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pemerintah Kota Manado Tahun Anggaran 2011-2015. Jurnal Accountability. 6(1):45-55.

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Dise rtasi.Bandung:Alfabeta.

Undang-undang Re publik Indonesia No. 23 Th 2014. Tentang Peme rintah Daerah. 2014.Jakarta: Sinar Grafika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter