PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK “KINI BANK DITANGANKU” DI AGEN BTPN WOW KECAMATAN PADAS, KABUPATEN NGAWI

Selly Putri Bintari, Satrijo Budiwibowo, Anggita Langgeng Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan periklanan terhadap keputusan membeli produk “kini bank ditanganku” di Agen BTPN WOW Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah BTPN WOW yang membeli produk di Agen Kecamatan Padas, kabupaten Ngawi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 158 nasabah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli, sedangkan periklanan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan membeli. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan membeli yang dilakukan oleh nasabah dipengaruhi olek kualitas pelayanan yang diberikan pihak Agen, sedangkan periklanan tidak memberikan pegaruh yang besar terhadap keputusan membeli nasabah. Hal ini terjadi karena melalui kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak agen memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah. Periklanan kurang memberikan dampak yang baik bagi keputusan membeli dikarenakan periklanan yang dipilih belum mampu digunakan secara efektif sehingga tidak mampu mempengaruhi nasabah untuk melakukan pembelian produk.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Periklanan, Keputusan Membeli.


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Daulay, S. 2010. Analisis Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Nasabah pada Bank Syariah Dikota Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 10(10) : 1-12

Ghazali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haris, H. dan Irham, N.S. (2012) Pengaruh kualitas pelayanan dan periklanan terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada bank syariah (studi kasus pada BTN syariah Surakarta). Jurnal Muqtasid 3(1) : 1-34.

Jayanti, W., Utomo, S.P dan Murwani, J. (2013) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Di Kabupaten Ngawi. Assets : Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. Vol 2 (1) : 60-70.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009) Manajemen Pemasaran Edisi Tiga belas. Jakarta : Erlangga

Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Kencana

Priyatno, Dwi. 2010. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta : MediaKom.

Surfen dan Natanael, Y. (2013) Mahir Menggunakan SPSS Secara Otodidak. Jakarta : PT Elek Media Kompetindo

Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Wahyuni, S. dan Perdamean, J. (2016) Pengruh iklan, harga dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian kartu simpatu di Institute perbanas. Jurnal studi manajemen dan bisnis 3(1) : 13-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter