ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA MADIUN
Abstract
efektivitas dan kontribusi penerapan pajak reklame dalam
meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Madiun tahun
2014 dan 2015. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara
dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa laju pertumbuhan pajak reklame pada tahun 2014 dan 2015
memiliki rata-rata sebesar 0,89%. Analisis kontribusi pajak
reklame terhadap pendapatan asli daerah rata-rata sebesar 1,75%.
Kontribusi pajak reklame dinyatakan masih kurang disebabkan
ada pajak-pajak lain yang lebih besar penerimaannya seperti pajak
penerangan jalan dan pajak bea perolehan hak atas tanah dan
bangunan. Analisis efektivitas pajak reklame pada tahun 2014 dan
2015 memiliki rata-rata sebesar 103,84% di mana nilai tersebut
berada dalam kriteria sangat efektif. Nilai efektivitas tersebut
dirasa cukup untuk memberikan sumbangan bagi pendapatan asli
daerah, hal ini dikarenakan upaya yang dilakukan oleh Badan
Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Madiun berupa pengadaan
sosialisasi, menggali potensi baru, serta melakukan pendataan
terhadap wajib pajak.
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, A dan Payamta. (2015). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Investasi
Pemerintah Dan Angkatan Kerja Terhadap Produk Domestik Regional Bruto
Kabupaten/Kota Di Jawa. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 4 (1), 37-52.
Atteng Jovanly.,Sareang David., & Mawikere Lidya. (2016). Analisis Efektivitas Dan
Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kota Menado
Tahun 2011-2015. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16 (04), 47-58.
Dewi Winda Rufiana.,Djudi Mochhammad., & Nuzula Nila Firdausi. (2016).
Kontribusi Pajak Hotel dan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan
Asli Daerah. Jurnal Perpajakan (JEJAK), 10 (1), 1-8.
I Made Budi Arsana. (2013). Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Pajak Reklame Serta
Prospeknya Di Kabupaten Badung. E-Jurnal EP Unud, 2 (4), 190-199.
The 9th FIPA FORUM ILMIAH PENDIDIKAN AKUNTANSI
VOL 5 NO 1 OKTOBER 2017 HLMN. 120-131
Kobandaha Rezlyanty & Wokas Heince. (2016). Analisis Efektivitas, Kontribusi Dan
Potensi Pajak Reklame Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota
Kotamobagu. Jurnal EMBA, 4 (1), 1461-1472.
Kustiyah Eny & Suryani. (2014). Efektivitas Pajak Reklame Terhadap Peningkatan
Pendapatan Asli Daerah Di Kota Surakarta. Jurnal Paradigma, 12 (02), 197-226.
Lamia Alfan.,Sareang David., & Wokas Heince. (2015). Analisis Efektivitas Dan
Kontribusi Pemungutan Pajak Restoran, Pajak Reklame, Dan Pajak Penerangan
Jalan Pada Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Berkala
Ilmiah Efisiensi, 15 (05), 788-799.
Mahmudi. (2016). Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Yogyakarta: UPP STIM
YKPN.
Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.
Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Priantara. (2013). Perpajakan Indonesia Edisi Revisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Reniati. (2013). Kreativitas Organisasi & Inovasi Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Rizki. (2016). Pajak Reklame Dan Perhitungannya, dari
https://www.cermati.com/artikel/pajak-reklame-apa-itu-dan-bagaimanaperhitungannya.
Soebechi, Imam. (2013). Judical Review Perda Pajak Dan Retribusi Daerah. Jakarta: Sinar
Grafika.
Stevani. (2016). Pembangunan Madiun Fokus peningkatan Infrastruktur dan Ekonomi, dari
http://jatim.antaranews.com/lihat/berita/173495/pembangunan-madiunfokus-
peningkatan-infrastruktur-dan-ekonomi.
Sulistiyoningsih & Idayati Farida. (2014). Kontribusi Pajak Reklame Dalam
Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset
Akuntansi, 3 (08), 1-20.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.