PENGARUH DIVIDEN PAYOUT RATIO DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (pada Perusahaan manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Purwanto Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Deviden Payout Ratio dan Return On Equity terhadap Nilai Perusahaan Studipada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2010, 2011 dan 2012 yaitu sebanyak 136 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Deviden Payout Ratio dan Return On Equity berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, hal ini dikarenakan kedua variabel tersebut memiliki peranan yang penting untuk keberlangsungan perusahaan dan memiliki kepentingan terhadap tujuan perusahaan yaitu meningkatkan nilai perusahaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Deviden Payout Ratio dan Return On Equity secara parsial  berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Hal tersebut dikarenakan semakin tinggi laba yang dihasilkan maka tingkat pengembalian investasi akan meningkat dan Dividen yang diperoleh juga meningkat. Semakin tinggi tingkat pengembalian ekuitas semakin tinggi kepercayaan investor terhadap nilai perusahaan dan prospek masa depan perusahaan.
 
Kata Kunci: Deviden Payout Ratio , Return On Equity, Nilai Perusahaan.
A

Full Text:

PDF

References


Brigham dan Houston. 2010. Dasar–Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat. Domadar N. Gujarti. 2007. Dasar-Dasar Ekonometrika. Surabaya:Erlangga. Dwi Ayiningtias, Kurnia (2013) “Pengaruh profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan : kebijakan Dividen dan kesmpatan investasi sebagai variabel antara”. Jurnal Ilmu dan Riset Akutansi (Online) (Http://.Www.Stiesia.Ac.Id Diunduh Tangal 28 Maret 2014). Duwi Priyatno. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: PT. Buku seru. Earl K. Stice, James,D.stice dan K. Fred Skousen. 2009. Akutansi Keuangan Intermediate Accunting. Jakarta: Salemba Empat. Farah Margareta. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Dian Rakyat. IkaFanindia dan Sidiq (2013) “Analisis pengaruh profitabilitas, kebijakan defifen, krbijakan hutang, dan pemilikan manajerial terhadap Nilai Perusahaan”. Diponegoro Journal Of Accounting (Online). (http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting Diunduh Tangal 28 Maret 2014). Imam Ghozali. 2011. Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Irham Fahmi. 2013. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta. Jhon J. Wild, K.R. Subarmayan, dan Robert F. Halsey. 2005. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat. Muhamad Samsol. 2006. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Surabaya: Erlangga. Sugiarto. 2009. Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan dan Informasi Asimetri.Yogyakarta: Graha Ilmu Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. . 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. Sunariyah. 2011. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Sunariyah. 2006. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Syofian Siregar. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Tjiptono dan Hendy. 2011. Pasar Modal Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat. Umi Mardianti, Gatot Nazir Ahmad dan Ria Putri (2012) “Pengaruh kebijakan Dividen, kebijakan hutang dan profitabilitas trhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) periode 2005-2020”.Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (Online). (http://.www.jrmsi.com Diunduh Tangal 28 Maret 2014). Zumrotunnafi'ah (2013) “ Analisis fakto- faktor yang mempengarui kebijakan Dividen dan dampaknya terhadap perusahaan pada perusahaan manufaktur yang tercatat di bursa efek Indonesia tahun 2008-2010”. Jurnal STIE Semarang (Online). (http://.www.jurnal.stiesemarang.ac.id Diunduh Tangal 28 Maret 2014).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter