PENGARUH HARGA DAN BIAYA PERIKLANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA INDUSTRI KERAJINAN KULIT “PRAKTIS” MAGETAN

Steffiana Novita Dwi

Abstract


Penjualan merupakan tujuan utama yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan suatu barang maupun jasa, dan kemudian menjualnya kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh harga terhadap volume penjualan pada Industri Kerajinan Kulit “PRAKTIS” Magetan; 2) pengaruh biaya periklanan terhadap volume penjualan pada Industri Kerajinan Kulit “PRAKTIS” Magetan; 3) pengaruh harga dan biaya periklanan terhadap volume penjualan pada Industri Kerajinan Kulit “PRAKTIS” Magetan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data langsung dari Industri Kerajinan Kulit “PRAKTIS” Magetan yaitu berupa laporan harga penjualan sepatu dan sandal tahun 2009 – 2013, laporan biaya periklanan tahun 2009 – 2013, dan laporan volume penjualan tahun 2009 – 2013. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = 81870,807 + 7,168 X1 + 0,021 X2 dimana nilai konstanta sebesar 81870,807 menunjukkan bahwa apabila variabel harga (X1) dan biaya periklanan (X2) diabaikan dalam analisis, maka volume penjualan pada Industri Kerajinan Kulit “Praktis” Magetan (Y) akan berkurang sebesar 81870,807. Apabila harga (X) naik 1 satuan maka volume penjualan pada Industri Kerajinan Kulit “PRAKTIS” Magetan akan naik pula sebesar 7,168 satuan dengan catatan variabel (X) tetap. Dan apabila biaya periklanan (X) naik 1 satuan maka volume penjualan pada Industri Kerajinan Kulit “PRAKTIS” Magetan akan naik sebesar 0,021 satuan, dengan catatan variabel (X) tetap. Adapun saran yang dapat penulis berikan sehubungan dengan penelitian yaitu Industri Kerajinan Kulit “PRAKTIS” dapat berinovasi terhadap model sepatu dan sandal yang mengikuti perkembangan jaman. Bila perlu mencari referensi yang selalu up to date melalui internet dan media sosial.


Full Text:

PDF

References


Basu Swastha. 2007. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty. Basu Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty. Carter, William F dan Milton F Ussry. 2004. Akuntansi Biaya Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat. Duwi Priyatno. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media. Fandy Tjiptono et al. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit ANDI. . 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI. Firdaus Ahmad Dunia dan Wasilah Abdullah. 2012. Akuntansi Biaya Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat. Freddy Rangkuti. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Gabriel Amin Silalahi. 2003. Metodologi Penelitian dan Studi Kasus. Sidoarjo: Citra Media. Gunawan Adisaputro. 2010. Manajemen Pemasaran (Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran) Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Imam Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Terjemahan Bob Sabran. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga Lee, Monle dan Carla Johnson. 2007. Prinsip-Prinsip Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta: Prenada Media Group. Mursyidi. 2010. Akuntansi Biaya (Conventional Costing, Just in Time, dan Activity-Based Costing). Bandung: Refika Aditama. Raiborn, Cecily A. dan Michael R. Kinney. 2011. Akuntansi Biaya Dasar dan Perkembangan. Jakarta: Salemba Empat. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Syofian Siregar. 2011. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter