PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI KELAS X SMK NEGERI 5 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Septian Dyah Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan untuk membuktikan ada tidaknya  serta besarnya pengaruh pemanfaatan internet dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa  Jurusan Akuntansi SMK Negri 5 kelas X Madiun Tahun  Pelajaran  2012/2013. Penelitin mengunakan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh. sampel jenuh yaitu menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel penelitian, hal ini Karena jumlah siswa yang di teliti kurang dari 100 yaitu 78 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan angket tertutup dan dokumentasi. Angket tertutup digunakan untuk mendapatkan data kuantitatif dari variabel pemanfaatan internet dan pemanfaatan perpustakaan sekolah, sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui prestasi belajar yang terwujud dalam nilai ulangan harian siswa. Dalam analisis data mengunakan SPSS For Windows versi 16.0 dengan rumur regresi linier berganda dan  korelasi  product moment, pengumpulan data mengunakan metode kuisioner dan dianalisis mengunakan uji t dan uji F dengan tingkat signifiksn 0,05 atau  5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan internet berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar karena di perolah perhitungan  >   yaitu (2.108 > 1.990) maka dapat di simpulakan Ha ditrima. Dan pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah  berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar karena di peroleh perhitungan   >   yaitu (2.028 > 1.990) maka dapat di simpulakan Ha ditrima. Dari uji F di peroleh perhitungan bahwa nilai F > F yaitu (8.227 > 3.11) maka dapat di simpulakan Ha ditrima, sehingga pemanfaatan internet dan perpustakaan sekolah berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter