PERAN PERANGKAT DESA DALAM AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA CANDIMULYO KECAMATAN DOLOPO KABUPATEN MADIUN TAHUN 2018

Hindun Mar'atus Sholihah, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran perangkat desa dalam akuntabilitas pengelolaan dana desa di desa Candimulyo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun tahun 2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan  wawancara atau interview dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, pemahaman (understanding) dan interpretasi, hasil selanjutnya diinteprestasikan dalam bentuk naratif dan harus sesuai dengan teori yang ada. Hasil penelitian yang menunjukan bahwa perangkat desa berperan dalam akuntabilitas pengelolaan dana desa. Pertanggugjawaban pengelolaan dana desa dimulai dari tahap perencanaan, desa melakukan pertemuan dengan bemusyawarah dengan warga untuk membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah untuk Desa (RPJMDes). Dalam pelaksanaan dana desa penyerahan dana desa didampingi oleh bendahara desa melakukan pembayaran desa sesuai denagn RAB yang telah disetujui oleh sekrearis desa.

Full Text:

PDF

References


Bambang,T,S (2011). Pedoman Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Fokusmedia Bandung.

Chariri, A. (2009). Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitatif. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Vol.9, No.2, 57 -65.

Fajri, R. (2015). Akuntabilitas Pemerintah Desa pada Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Studi Pada Kantor Desa Ketindan, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik, 3(7), 1099-1104.

Fathah, R. N. (2017). Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Studi Kasus Pengelolaan Alokasi Dana Desa di Desa Wijirejo Kecamatan Pandak-Kabupaten Bantul Tahun 2016/2017). JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), 2(2).

Irma Ade. (2015). Akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa (ADD) dikecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi. Penelitian. Palu Sulawesi Tengah. Jurnal.Untad.ac.id. Vo. 3 No. 1.

Kholmi, M. (2017). Akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa (studi di desa kedungbetik kecamatan kesamben kabupaten jombang). Journal of Innovation in Business and Economics, 7(2), 143-152.

Muslimin, M., Mappamiring, M., & Nurmaeta, S. (2012). Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa di Desa Punagaya Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(1).

Nurhayati, C (Ed). Bumdes dan Kesejahteraan Masyarakat Desa. Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. (2014).

Prasojo, S.E (Ed). (2018). Tata Pembangunan Desa. Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI

Pusat kajian Anggaran Badan Keahlian DPR RI. (2017). transfer Ke Daerah Dan Dana Desa Dalam APBN

Pusat Kajian Anggaran, Badan Keahlian DPR RI. (2017). Transfer Ke Daerah & Dana Desa dalam APBN. Jakarta : Pusat Kajian Anggaran Badan Keahlian DPR RI

Rakhmat. (2018). Administrasi Dan Akuntabilitas Public. Yogyakarta : Andi

Murnisari, R. M. (2019). Akuntabilitas Pemerintahan Desa Dalam Pengelolaan Dana Desa Di Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA), 4(1), 104-121.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Winarto. (2015). Akuntabilitas Desa. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Sumeru, A. (2016). Kedudukan Pejabat Kepala Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. JKMP (Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik), 4(1), 47-56.

Taufik, T. (2009). Pengelolaan Keuangan Desa Dalam Sistem Keuangan Negara Republik Indonesia. Jurnal Ekonomi Universitas Riau, 17(01).

Wijayanto, D. E. (2014). Hubungan Kepala Desa Dengan Badan Permusyawaratan Desa dalam Pembentukan Peraturan Desa. Jurnal Independent, 2(1), 40-50.

Zara, Z. (2017). Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Studi Kasus Empat Desa pada Dua Kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu). Jurnal Akuntansi, 5(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter