Upaya peningkatan hasil belajar lempar cakram menggunakan cakram kayu pada siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 4 Surakarta

Anggara Shela Perdana, Agus Kristiyanto, Muchsin Doewes

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  lempar cakram siswa menggunakan cakram kayu pada siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 4 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian  dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 4 Surakarta yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 20 siswa putri. Sumber data berasal dari peneliti, kolaborator dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan Tes dan observasi. Validitas data dalam menggunakan teknik trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi. Pembelajaran menggunakan cakram kayu dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 4 Surakarta. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari data awal, siklus I dan siklus II. Berdasarkan data hasil observasi kondisi awal, siklus I dan siklus II, tiap indikator capaian dengan KKM 75 terjadi peningkatan sebagai berikut. Pada kondisi awal hasil belajar lempar cakram pada kategori Cukup sebesar 25,00%, Kurang sebesar 53,12%, Kurang Sekali sebesar 21,88%, jumlah siswa yang tuntas adalah 8 siswa. Pada siklus I hasil belajar lempar cakram pada kategori Baik sebesar 3,13%, Cukup sebesar 50,00%, Kurang sebesar 37,50% dan kurang Sekali sebesar 9,37%,  jumlah siswa yang tuntas adalah 17 siswa. Sedangkan pada siklus II hasil belajar lempar cakram pada kategori Baik sebesar 18,75%, Cukup sebesar 62,50% dan Kurang sebesar 18,75%, jumlah siswa yang tuntas adalah 26 siswa. Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II setelah diberikan tindakan dengan menggunakan cakram kayu. Hasil pembelajaran lempar cakram meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar lempar cakram meningkat menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas.    Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan cakram kayu dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 4 Surakarta.

Keywords


hasil belajar lempar cakram; cakram kayu; siswa kelas XI IPA

Full Text:

PDF

References


Barnawi & M. Arifin (2012). Manajemen sarana & Prasarana Sekolah. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Gerry, A. C. (2000). Atletik Untuk Sekolah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Iskandar. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi.

Kristiyanto, A. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai pustaka.

Purnomo, E & Dapan. (2011). Dasar-Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMA/MA. Jakarta: Prenada Media Group.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sidik, D. Z. (2010). Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thobroni, M & Mustofa, A. (2011). Belajar & Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Widya, M. D. A. (2004). Belajar Berlatih Gerak-Gerak Dasar Atletik Dalam Bermain. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Winendra, A., Kharisma, J., Joe, M. (2008). Atletik, Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.