IMPLEMENTASI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING(CRT) MELALUI MEDIA SMARTBOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SANGEN 02

Richa Firial

Abstract


Minimnya penggunaan media dalam pembelajaran pendidikan Pancasila menjadi konteks penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan Culturally responsive teaching (CRT) melalui media smart box dalam meningkatkan hasil belajar tentang persatuan dan kesatuan ketika menggunakan media smart box. Metode yang dipilih peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menerapkan desain Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebanyak 16 siswa Kelas V SDN Sangen 02 dijadikan subjek selama 2 siklus. ). Berdasarkan temuan peneliti menunjukan persentase ketuntasan belajar sebelum dan sesudah menerapkan media smart box pada pra siklus (31,25%), siklus I (68,75%), siklus II (87%). Melihat tingkat ketuntasan pada siklus II sebesar 87%, berarti indikator keberhasilan yang ditentukan sebelumnya telah terpenuhi, sehingga penelitian siklus II berhasil. Oleh karena itu disimpulkan bahwa hasil belajar tentang mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi persatuan dan kesatuan di sekolah dasar kelas V SDN Sangen 02 dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)media smart box.


Full Text:

PDF (94-101)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.