PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Triasianingrum Afrikani, R. Teti Rostikawati, Siti Fatimah

Abstract


 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).  Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Biologi Materi Kingdom Animalia dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan  Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), dengan subjek sebanyak 43 siswa kelas X MIPA 4 SMAN 1 Tamansari Kabupaten Bogor.  Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus ada 4 tahap: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi.  Nilai rata-rata hasil belajar biologi materi Kingdom Animalia  pada siklus 1 sebesar  73,58  dengan persentase ketuntasan sebesar 65,12 %, nilai rata-rata pada siklus 2  meningkat menjadi 80,67 dengan persentase ketuntasan sebesar 81,40 %.  Selain ranah kognitif, hasil belajar yang dinilai yaitu ranah afektif,  hasil nilai rata-rata  afektif pada siklus 1 sebesar 74,21 dengan persentase mencapai 60,47 %.  Nilai rata-rata afektif pada siklus 2 meningkat menjadi 82,16  dengan  persentase mencapai 79,07 %.  .  Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat Meningkatkan Hasil Belajar  Biologi kelas X MIPA 4 SMAN 1 Tamansari Kabupaten Bogor. 


Full Text:

PDF

References


Anderson, OW. And Krathwohl, D.R. 2001.A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing, A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: by Addison.

Arends, I. Richard. 1997.Classroom Instruction and Management. New York: McGraw-Hill Companies. Inc.

Campbell, Neil A. 2003. Biologi Edisi Kelima-Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Daryanto, dan Muljo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:

DBE 2. 2010. Pembelajaran Aktif di Sekolah dan Kunjungan Sekolah, Panduan untuk Fasilitator, Pembelajaran aktif untuk Perguruan tinggi. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi.

Creswell. Jhon W. 2012Educational Research: Plan-ning, Conduc-ting, and Evaluating Quanti-tative and Qualitative Research, Fourth Edition (New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall).

Geoffrey E. Mills. 2000. Action Research: A Guide for Teacher Researcher. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Johnson, D.W., dan Johnson, R.T. 1991. Cooperative in the Classroom. Edina, Minnesota.

Kemendikbud. 2013. Pengembang-an Kurikulum 2013. Kemendik-bud: Jakarta

Kember, David. 2000.Action Learning and Action Research Improving the Quality of Teaching and Learning, London : Kogan Page Limited.

Lidya, Feby. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Skripsi progam studi pendidikan biologi FKIP Universitas Pakuan, Bogor

Lie, Anita. 2001.Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia,

Lingam,Govinda Ishwar, 2012.Action Research: Promise and Potential for Improving Teacher Professional Practice and the Learning Organisation ( Ameri-can International Journal of Contemporary Research vol. 2 No. 4).

Napitupulu, E. 2003.Pengembang-an Model Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, Yogyakarta

Nurani Y. Wargahadibrata, H. Japar. M. 2006.Belajar dan Pembelajaran, Lembaga Akta Mengajar Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Oemar, Hamalik. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta :PT Bumi Aksara.

Prasastia, Alika Ramdhani. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Ekosistem dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Media Visual Interaktif. Skripsi progam studi pendidikan biologi FKIP Universitas Pakuan, Bogor

Radiopoetro. 1996. Zoologi. Jakarta: Erlangga

Rahmita, YG. 2013. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). (eprints.uny.ac.id/10777/1.17.Maret 2013). (Tanggal akses: 22 juli 2016, 07.10 WIB)

Rostikawati, Teti. 2010. Zoologi Invertebrata. Bogor: Universitas Pakuan

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, Robert E. 1995.Cooperatif Learning : Theory, Research, and Practice. Second Edition, Boston, London: Allyn and Bacon.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Pro-gresif. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.