PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK WEBTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA KELAS XI

Nandang Hidayat, R. Teti Rostikawati, Muhammad Humam Al-Abid Marris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan bahan ajar komik webtoon sebagai sarana pendukung pembelajaran biologi serta membantu siswa mencari sumber bacaan alternatif materi struktur dan fungsi sel saraf penyusun jaringan saraf pada sistem koordinasi dalam meningkatkan hasil belajar aspek kognitif siswa. Penelitian ini merupakan Research and Development model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dilaksankan hingga Juli 2019. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di salah satu SMAN di Kabupaten Bogor tahun akademik 2018/2019. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas perlakuan dengan model pretest-posttest control group design yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Nilai rata-rata posttest siswa kelas kontrol lebih rendah dibanding kelas perlakuan yaitu 68,50 dan 73,17 dengan nilai KKM Biologi 72. Pada uji beda rata-rata (uji t) pada taraf signifikan α = 5% diperoleh nilai t hitung > t tabel (3,4450 > 2,002) maka hipotesis dapat diterima. Bedasarkan nilai validasi oleh ahli yaitu 79% (cukup valid) dan hasil dari angket respon siswa mendapat respon postitif yaitu 83,3%. Hasil analisis N-gain pada kelas perlakuan ialah 0,53 (sedang) sehingga bahan ajar komik webtoon materi struktur dan fungsi sel syaraf penyusun jaringan syaraf pada sistem koordinasi valid serta secara signifikan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar, Hasil Belajar, Komik Webtoon, Sistem Saraf

Full Text:

PDF(318-324)

References


Ainun Jariah. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Materi Proses Pembekuan Darah Kelas XI MA Madani Pao-Pao Gowa. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Arikunto. (2013). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Edisi 3: Empat Perbaikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Mappeasse, Muh. Yusuf. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (Plc) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNM. Jurnal MEDTEK, Volume 1, Nomor 2.

Hidayat, Nandang dan Teti Rostikawati. (2015). The Effect of the Scientific Approach with Comic Intelligent Media Support on Students’ Science Competencies. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor. Journal of Educational Review and Researc, e-ISSN: 2597-9752.

Prasetyo dan Sutopo. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset. Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Vol. 13, No 1, Januari 2018.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Puspitorini, Retno et al. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, Oktober 2014, Th. XXXIII, No. 3

Retnowati, Rita dan Rita Istiana. 2018. Metode Penelitian Sosial. Bogor: Langit Arbitter.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2011). Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Reserch & Development). Bandung: Alfabeta.

Syatriana,E., Husain,D., Haryanto & Jabu,B. (2013). Amodel of Creating Instructional Materials Based on School Curriculum for Indonesian Secondary Schools. Journal of Education and Practice. Vol.4.No.2:10 16.

Zain, N. (2013). Pengembangan Komik Bahan Ajar IPA Terpadu Kelas VIII SMP Pada Tema Sistem Pencernaan Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan. Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.