ANALISIS DAN DESKRIPSI PENGGUNAAN MIND MAPPING MELALUI LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY (LSLC) PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan penggunaan mind mapping melalui lesson study for learning community (LSLC), serta mengetahui hasil learning community (LC) baik untuk kelompok guru dan siswa. Penelitian deskriptif kualitatif dilakukan di MAN 2 Kota Madiun. Teknik pengumpulan data MM dilakukan dengan menilai pengerjaan siswa melalui rubrik MM, dan mengukur LC melalui lembar PLC. Hasil dari MM 50% dengan kriteria sangat baik dan 50% dengan kriteria baik. Hasil LSLC menunjukkan persentase dalam setiap pertemuan meningkat. Nilai terendah sebesar 84,78 menginterpretasikan bahwa kegiatan LSLC terlaksana dan nilai tertinggi sebesar 97,82 menginterpretasikan bahwa kegiatan LSLC sangat terlaksana. Melalui kegiatan tersebut menunjukkan terbentuknya LC dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan ada peningkatan LC melalui penggunaan mind mapping berbasis LSLC pada materi sistem reproduksi manusia.
Kata Kunci : mind mapping, lesson study for learning community, sistem reproduksi manusia.
Full Text:
PDF(109-117)References
Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Infinity Journal.
Hasan, R., Lukitasari, M., Utami, S., & Anizar, A. (2019). The activeness, critical, and creative thinking skills of students in the Lesson Study-based inquiry and cooperative learning. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(1).
Lukitasari, M., Hasan, R., Handika, J., Primiani, C., Pujiati, P., Dewi, N. K., ... & Murtafiah, W. (2018, December). Content validity study: instrument development to measure professional learning communities through lesson study. In International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia (Vol. 3, pp. 75-78).
Lukitasari, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Duran Corebima, A. (2014). Lesson Study in Improving the Role of E-Portfolio on the Metacognitive Skill and Concept Comprehension: A Study on Cell Biology Subject in IKIP PGRI Madiun, Indonesia. American Journal of Educational Research.
Noviyanti, F. (2013). Penggunaan M ind Map sebagai Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Konsep Sistem Reproduksi di SMPN 1 Anyar, (2007), 393–398.
Prayitno, T. A., & Hidayati, N. (2016). Penerapan Lesson Study pada Kegiatan Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Bioedukasi, 9(1), 51-56.
Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model Pembelajaran Problem Solving dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education.
Romlah, S. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Problem Solving Berbasis Lesson Study for Learning Community Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Metakognisi Siswa. Tesis. Universitas Negeri Jember.
Samsudin, A. (2016). Supervisi Akademik Pembelajaran IPA Melalui ICT Based Lesson Study Untuk Membangun Learning Community Guru SD. Mimbar Sekolah Dasar.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta, cv.
Syahdiani, Kardi, S., & Sanjaya, I. G. M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 727–741.
Syahrir, & Heliati, E. (2017). Analisis Mind Map Siswa Kelas VII C Smpn 6 Kopang. JIME.
Wachidah, U., Wasis. (2015). Penerapan Strategi Mind mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Pada Materi Alat-Alat, 04(02), 33–39.
Wicaksana, R.B. 2013. Penerapan Pembelajaran Strategi Mind Mapping (Peta Pikiran) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN 3 Madiun. PENSA E-Jurnal. UNESA.
Widiadi, A. N., & Utami, I. W. P. (2016). Praksis Lesson Study for Learning Community dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Kolaborasi Kolegial Guru dan Dosen. Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(2), 77–88.
Refbacks
- There are currently no refbacks.