Pelatihan Foto Produk Bagi Pelaku UMKM Desa Wisata Sumber Bulu Kabupaten Karanganyar

Riyan Abdul Aziz

Abstract


Salah satu permasalahan yang sering dijumpai oleh para pelaku bisnis terutama tingkat umkm adalah konten promosi yang mereka buat ala kadarnya. Keterbatasan pengetahuan tentang cara mengambil konten yang benar menjadi salah satu kendala utama. Hal ini pula yang terjadi oleh pelaku umkm di desa wisata sumber bulu, kelurahan pendem, kecamatan mojogedang, kabupaten karanganyar. Tujuan dari kegiatan pengabdian yaitu untuk menjawab permasalahan yang ada dengan membuat sebuah pelatihan foto produk bagi pelaku umkm di desa wisata sumber bulu. Terdapat tiga program kerja utama yang berhasil dilaksanakan yaitu pelatihan foto produk yang dilaksanakan pada hari senin dan selasa, pelatihan editing foto yang dilaksanakan pada hari rabu dan kamis, pendampingan hasil pelatihan yang dilaksanakan pada hari jumat dan sabtu.

Keywords


Pelatihan; Foto Produk; UMKM; Desa Wisata Sumber Bulu

Full Text:

PDF

References


Suprianingsih, Desipriani, and D. Ariyansah, “Pelatihan Fotografi Produk sengan Menggunakan Mini Box Studio pada UKM Walidayna,” J. BesemahJurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 49–56, 2022.

S. I. Ketut, “3 1,2,3,” vol. 22, no. 2, pp. 555–561, 2021.

E. D. Nurcahya, C. R. Prameswari, M. S. Munir, and G. W. Intyanto, “Pelatihan Foto Produk Umkm Kabupaten Pacitan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Promosi Di Media Sosial,” Adimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, pp. 79–86, 2022, doi: 10.24269/adi.v6i1.4474.

R. P. Ratnaningtyas, “Pelatihan Foto Produk bagi Aswan Snack,” Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, p. 497, 2022, doi: 10.20527/btjpm.v4i2.5186.

S. Sidhartani, D. Pratama, A. Z. M. Raden, and M. I. Qeis, “Pelatihan Foto Produk UMKM Wayang Golek Sebagai Upaya Promosi Pasca Pandemi Covid-19,” Dharma Raflesia J. Ilm. Pengemb. dan Penerapan IPTEKS, vol. 18, no. 2, pp. 180–189, 2020, doi: 10.33369/dr.v18i2.13522.

A. K. Regency, “Optimalisasi Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Digital Obyek Wisata Janti Park Kabupaten Klaten,” vol. 4, no. 02, pp. 131–138, 2024.

R. Abdul Aziz, “E-Book Digital Marketing Content,” E-b. Digit. Mark., p. 14, 2020.

R. Setyowati and A. N. Rohmah, “Peningkatan Promosi Melalui Fotografi Produk Dengan Smartphone Pada Bukuan Fried Chicken (BFC),” J. Pengabdi. Masy. Akad., vol. 1, no. 3, pp. 75–82, 2022, doi: 10.54099/jpma.v1i3.236.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604