Pelatihan Canva dan Google Form Sebagai Media Pembelajaran di SD Negeri Pasarkliwon 1 Surakarta

Febrianta Surya Nugraha

Abstract


SD Negeri Pasarkliwon Surakarta merupakan salah satu instansi pendidikan yang terletak kota Surakarta Jawa Tengah, dan menjadi pilihan tempat untuk pelaksanaan kegiatan. Di SD Negeri Pasarkliwon Surakarta masih ditemui kegiatan pembelajaran yang belum memanfaatkan teknologi secara maksimal. Rendahnya kemauan guru dalam mempelajari teknologi  terutama bagi beberapa guru yang sudah menginjak lanjut usia dan minimnya informasi menjadi alasan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Para Guru di SD Negeri Pasarkliwon dalam membuat presentasi pembelajaran  hanya menggunakan Microsoft word dan Microsoft Power Point. Presentasi yang kurang menarik akan menimbulkan rasa bosan dan malas bagi siswa, serta  guru disana dalam pembuatan soal belum memanfaatkan teknologi sepenuhnya, masih menggunakan Microsoft Word dalam pembuatan Soal. Kegiatan yang dilakukan oleh tim pelaksana adalah selain pelatihan Canva untuk guru, juga pelatihan Google form di SDN 1 Pasarkliwon Surakarta. Tujuan dari kegiatan ini antara lain adalah memberikan wawasan terkait penggunaan Canva dalam kegiatan pembelajaran dan melatih penggunaan google form pada guru untuk pembuatan soal. Kehadiran kegiatan pelatihan ini sangat membantu pihak SD Negeri Pasarkliwon. Pelatihan-pelatihan yang diberikan tentang Canva dan Google Form memberikan manfaat nyata bagi Bapak dan Ibu Guru dalam memperkaya media pengajaran mereka. Dengan kemampuan ini, diharapkan pendidikan di SD Negeri Pasarkliwon dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik di masa depan.


Full Text:

PDF

References


S. M. Dewi, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Canva Bagi Guru Sekolah Dasar,” in Prosiding Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2023, pp. 2135–2146.

P. Ayunia Lestari et al., “Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta,” Indones. J. Community Serv. Eng. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 47–54, 2022.

S. Alwina, Z. Siregar, P. C. Azhar, A. R. Sugma, and Y. Novianty, “Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Bagi Guru-Guru Di Lingkungan Sd It Hamas,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 96–102, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/view/394

Rismayani, “Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva untuk Guru Sekolah Dasar,” INCOME Indones. J. Community Serv. Engagem., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2022, doi: 10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX.

I. Mulyawati, N. W. Arini, and L. Polina, “Pelatihan Media Pembelajaran Canva Dan Padlet Bagi Guru SD Di SDN Pulogebang 09 Pagi,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 6, no. 1, p. 170, 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i1.7670.

M. Surur, L. D. K. S., A. F. H., R. Sugianto, S. Jannah, and K. R. Udzri, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital,” Dedication J. Pengabdi. Masy., vol. 8, no. 1, pp. 85–98, 2024, doi: https://doi.org/10.31537/dedication.v8i1.1715.

I. F. A. Sastra and E. Widianto, “Pelatihan Penggunaan Google Classroom dan Google Form sebagai Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Daring di SDN Pisangcandi 1 Desa Pisangcandi Kecamatan Sukun Kota Malang,” Bantenese J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 35–45, 2022, doi: 10.30656/ps2pm.v4i1.4344.

H. Fitriyani and D. Astuti, “Pelatihan Pengembangan Instrumen Evaluasi Online menggunakan Google Form bagi Guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah,” ETHOS J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 9, no. 2, pp. 204–215, 2021, doi: 10.29313/ethos.v9i2.7009.

J. C. Chandra, I. Irawan, and H. Irawan, “Pelatihan Google Classroom dan Google Form Bagi Pendidik pada SD Yadika 1 Jakarta,” KRESNA J. Ris. dan Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 147–156, 2022, doi: 10.36080/jk.v2i1.23.

W. Wiratsiwi and S. Mizan, “Pelatihan pemanfaatan google classroom dan google form bagi guru SD negeri di Kecamatan Singgahan Tuban,” Community Empower., vol. 6, no. 5, pp. 688–693, 2021, [Online]. Available: https://scholar.archive.org/work/lm6tdwvcpjdczo5tbw7oq6k33e/access/wayback/https://journal.unimma.ac.id/index.php/ce/article/download/4496/2333

P. Permata, Z. Abidin, D. Amelia, and R. M. Aguss, “Pelatihan Google Apps Untuk Menambah Keahlian Teknologi Informasi Bagi Guru Smk Pgri 1 Limau,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 3, no. 1, p. 43, 2022, doi: 10.33365/jsstcs.v3i1.1794.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604