Rancang Bangun Aplikasi Game Edukatif Konstruksi Alfabet Berbasis Android

Sitti Fatimah, Nirsal Nirsal, Akramunnisa Akramunnisa

Abstract


Pada proses pembelajaran di SDN 23 Batara guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah, papan tulis, dan buku cetak. Dimana tidak semua siswa memperhatikan guru saat menjelaskan materi sehingga siswa-siswi memberikan pertanyaan yang sama secara berulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi game edukatif konstruksi alfabet berbasis android. Pada penelitian ini menerapkan jenis metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan multimedia yang diterapkan mengacu pada pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, distribution. Pembuatan game edukatif ini menggunakan Smart Apps Creator. Validasi terhadap instrumen pengujian aplikasi ini dilakukan oleh dua ahli, kemudian dilanjutkan dengan pengujian black box dan pengujian rancangan interface yang dilakukan oleh wali kelas 1 dan 2 SDN 23 Batara, selanjutnya pengujian tingkat usability aplikasi dengan metode SUS. Hasil dari validasi instrumen pengujian black box mendapatkan skor 94,54%, sedangkan validasi instrumen pengujian interface mendapatkan skor 92%. Hasil pengujian interface mendapatkan skor 92%, sedangkan pengujian usability (SUS) mendapatkan skor 90,05%, dari hasil data pengujian tersebut aplikasi game edukatif konstruksi alfabet dinyatakan sangat layak.

Keywords


Game Edukatif; Smart Apps Creator; Research and Development (R&D); Android; System Usability Scale (SUS)

Full Text:

PDF

References


A. G. Pradana and S. Nita, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘AMUDRA’Alat Musik Daerah Berbasis Android,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 2, no. 1, 2019.

M. Vidya et al., “‘5 th Grade Education Game’ Berbasis Android pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Kelas V SDN Tulangampiang,” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 5, no. 3, pp. 869–874, 2022, [Online]. Available: http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

A. Hartati and K. Wijaya, “Game Edukasi Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6,” 2021.

R. Alief Wicaksana and H. Pangaribuan, “RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF ALFABET DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID,” JURNAL COMASIE, 2020.

F. E. Susilawati and M. R. Baharuddin, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dan Pemecahan Masalah,” Jurnal Literasi Digital, vol. 1, no. 3, pp. 192–202, 2023.

L. A. I. U. Khasanah, I. E. Ningrum, and M. M. Huda, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis kearifan Lokal Berorientasi dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 1, pp. 760–770, Feb. 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4539.

R. Nurcholis, A. I. Purnamasari, A. R. Dikananda, O. Nurdiawan, and S. Anwar, “Game Edukasi Pengenalan Huruf Hiragana Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jepang,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 3, no. 3, pp. 338–345, Dec. 2021, doi: 10.47065/bits.v3i3.1091.

D. Pranata and N. D. Sofya, “Aplikasi Pembayaran Iuran SMK Negeri 1 Lenangguar Menggunakan Framework Codeigniter,” Management of Information System Journal, vol. 2, no. 1, pp. 27–34, 2023.

N. Nirsal, Syafriadi, and Nur Afika Firanti, “Perancangan UI/UX Sistem Informasi Penilaian Seminar dan Skripsi Pendekatan Human Centered Design,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), vol. 4, no. 3, pp. 548–556, Dec. 2023, doi: 10.37859/coscitech.v4i3.6484.

M. Amru Hidayat, A. Ikhwan, and M. Alda, “RESOLUSI : Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi Aplikasi Virtual Tour Manasik Haji Pada Asrama Haji Menggunakan Metode MDLC Berbasis Android,” Media Online, vol. 3, no. 5, pp. 213–220, 2023, [Online]. Available: https://djournals.com/resolusi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604