Desain Kreatif dan Efektif: Menggabungkan Design Thinking dan Model AIDA dalam Perancangan Landing Page Boogie Second Thrif

Aditya Ramadhan, Andika Agustrianto, Dimas Setiawan

Abstract


Dalam era perdagangan online yang kompetitif, perancangan landing page yang efektif menjadi esensial bagi bisnis e-commerce seperti "Boogie Second Thrift." Penelitian ini menggabungkan pendekatan Design Thinking dengan Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dalam proses perancangan landing page untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan konversi penjualan. Pertama, penelitian memahami tantangan yang dihadapi oleh "Boogie Second Thrift" dengan menganalisis data pelanggan, wawancara dengan manajemen perusahaan, dan studi kompetitor. Selanjutnya, kebutuhan pengguna diidentifikasi melalui wawancara dengan pelanggan untuk memahami preferensi mereka. Langkah berikutnya melibatkan generasi ide-ide kreatif yang dikonsepkan menjadi prototipe landing page. Prototipe ini diuji oleh pengguna untuk mendapatkan umpan balik yang diperlukan untuk perbaikan desain. Hasil penelitian ini adalah landing page yang menggabungkan elemen-elemen desain yang menarik perhatian, membangkitkan minat, menciptakan keinginan, dan mendorong tindakan pembelian. Pembahasan melibatkan analisis hasil pengujian prototipe, umpan balik pelanggan, dan perbandingan dengan landing page sebelumnya. Dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, diharapkan "Boogie Second Thrift" dapat meningkatkan daya saingnya dalam pasar fashion thrift online, mempertahankan pelanggan yang ada, dan menarik lebih banyak pelanggan potensial untuk berbelanja di platform mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami bagaimana menggabungkan desain berfokus pada pengguna dengan kerangka kerja pemasaran Model AIDA untuk mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan dalam lingkungan bisnis online yang kompetitif.


Keywords


Design Thinking, Entrepreneurship, Bussines Analysis, AIDA, Multimedia Bisnis

References


} C. Thang and R. Iswanto, “PERANCANGAN BRAND ACTIVATION UNTUK STARTR BRANDING BESERTA MEDIA PROMOSINYA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS,” J. Vicidi, vol. 13, no. 1, Jun. 2023, doi: 10.37715/VICIDI.V13I1.3948.

M. K. Pertiwi and M. Martadi, “PERANCANGAN BRAND IDENTITY UMKM JAMU SABAY,” Desgrafia, vol. 1, no. 1, pp. 199–212, Jul. 2023, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/54894.

S. Sayatman, B. M. Soewito, and N. Noordyanto, “Pengembangan Konsep Brand Identity dan Visual System ITS yang Lebih Terintegrasi,” J. Desain Idea J. Desain Prod. Ind. Inst. Teknol. Sepuluh Nop. Surabaya, vol. 20, no. 1, pp. 10–15, Jun. 2021, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://iptek.its.ac.id/index.php/idea/article/view/9329.

D. Setiawan and M. Kom, “TEORI & PRAKTIK MULTIMEDIA BISNIS.”

D. Setiawan, Y. P. Yudha, B. Saputra, M. Rizqi, and W. N. Rohman, “Implementasi Design Thinking Process Framework Dalam Content Digital Product Development Informasi LENTERA UNIPMA,” Res. J. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 5, no. 2, pp. 54–60, Nov. 2022, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/RESEARCH/article/view/13494.

D. Setiawan, M. Lenawati, and A. Andria, “Analisis dan Perencanaan Race Framework Digital Marketing Strategy Pada CV. Pandawa Digital Media,” Fountain Informatics J., vol. 7, no. 3, pp. 7–11, May 2022, doi: 10.21111/FIJ.V7I3.9406.

E. S. Nugroho, R. I. Pratama, and D. Setiawan, “Prototyping Inovasi “Sobat Keling" menggunakan Design Thinking Framework,” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4197.

S. Tejo, C. Pamungkas, and D. Setiawan, “Implementasi Branding Digital “Sobat Keling",” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4231.

Y. Widya, S. Warsaa, and N. W. Kabelen, “Analisis Visual Penerapan Brand Equity Pada Video City Branding ‘Shining Batu,’” J. Desain Komun. Vis. Asia, vol. 7, no. 01, pp. 19–32, Feb. 2023, doi: 10.32815/JESKOVSIA.V7I01.915.

M. Lenawati, D. Setiawan, and ..., “Pemodelan Proses Bisnis Pengajuan Kerja Praktek Menggunakan BPMN,” … (Seminar Nas. Has. …, pp. 138–145, 2022, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/2285%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/viewFile/2285/1941.

D. Setiawan and M. Kom, “HUMAN COMPUTER INTERACTION 5.0,” Accessed: Dec. 30, 2023. [Online]. Available: www.kwu.unipma.ac.id.

“Kewirausahaan ‘Kebal Hadapi Ancaman Resesi Global 2023’ - Reza Kurniawan, Anang Martoyo, Prima Nanda Fauziah, Jumriani Jumriani, Nining Latianingsih, Muhammad Satar, Ujang Syaifudin Sumaji, Dimas Setiawan, Leni Susanti, Ridho Pamungkas - Google Books.” https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=IjW-EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:E6t_bQvyQiIJ:scholar.google.com&ots=QdIMfNGRJN&sig=JuRgpXpXZ1_4JPpuxAouCXLxXew&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false (accessed Dec. 30, 2023).

D. Setiawan, M. Lenawati, and R. Pamungkas, “Implementasi Branding Digital UMKM KingKong Macaroni,” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604