Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Layanan Website Kecamatan Jiwan Menggunakan Metode User Centered Design

Qoirrudin Raga Pratama, Andria Andria, Hani Atun Mumtahana

Abstract


Website kecamatan Jiwan merupakan sebuah website yang digunakan untuk memberikan informasi dan sebagai alat komunikasi dilingkup kecamatan Jiwan. Website pada kecamatan Jiwan tidak hanya sebagai media komunikasi dan informasi saja melainkan dapat menjadi salah satu barometer yang akan dipakai sebagai alat ukur dari kualitas kecamatan tersebut. Tidak terkecuali website yang ada pada kecamatan Jiwan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kualitas dan keefektifan dari sebuah website, diperlukan untuk mengetahui kualitas layanan dari website yang diterima oleh pengguna website. Dengan menggunakan data 30 orang responden yang semua merupakan warga masyarakat Kecamatan Jiwan. Metode yang digunakan adalah User Centered Design atau UCD adalah proses desain yang berfokus pada kebutuhan dan keinginan dari penggunanya terhadap suatu produk atau jasa dan dalam pengujiannya menggunakan Usabilty SUS dimana menggunakan skala likert. Selanjutnya adalah penelitian ini menggunakan uji Validitas dan uji Realibilitas terhadap 10 item untuk mengetahui apakah data yang didapat valid dan reliabel. Hasil dari penelitian ini adalah nilai yang diperoleh adalahh 48,75 dengan predikat Dectraktor yang diperoleh dalam pengujian SUS terhadap Website Kecamatan Jiwan


Keywords


Evaluasi; Kepuasan; Website, Usability, User Centered Design

Full Text:

PDF

References


M. Aspi and Syahrani, “Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan,” ADIBA J. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 64–73, 2022, doi: 10.54443/injoe.v3i2.35.

Assosiasi Penyelenggara Jarsa Internet Indonesia, “Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang,” https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang, 2023.

A. H. Manullang, M. Aritonang, and M. J. Purba, “Sistem Informasi Bimbingan Belajar Number One Medan Berbasis Web,” TAMIKA J. Tugas Akhir Manaj. Inform. Komputerisasi Akunt., vol. 1, no. 1, pp. 44–49, 2021, doi: 10.46880/tamika.vol1no1.pp44-49.

A. Budiman, B. Eko Pranoto, A. Gus, and ap Setiawan, “Pendampingan Dan Pelatihan Pengelolaan Website Sma Negeri 1 Semaka Tanggamus,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 2, no. 2, pp. 150–159, 2021.

R. Putra, “Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 4, pp. 516–524, 2021, doi: 10.31933/jemsi.v2i4.461.

Y. Apridiansyah and G. Gunawan, “Rancang Bangun Aplikasi Bimbingan Skripsi Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd),” J. Technopreneursh. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 74–80, 2019, doi: 10.36085/jtis.v2i2.373.

C. A. Prawastiyo and I. Hermawan, “Pengembangan Front-End Website Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta dengan menggunakan Metode User Centered Design,” J. Teknol. Terpadu, vol. 6, no. 2, pp. 89–95, 2020, doi: 10.54914/jtt.v6i2.280.

B. Widagdo and K. Roz, “Hedonic Shopping Motivation and Impulse Buying: The Effect of Website Quality on Customer Satisfaction,” J. Asian Financ. Econ. Bus., vol. 8, no. 1, pp. 395–405, 2021, doi: 10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.395.

Andria, Kusrini, and A. Amborowati, “Evaluasi Kualitas Web Portal STT Dharma Iswara Madiun Menggunakan Metode McCall,” J. Ekon. dan Tek. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 33–43, 2017.

M. Multazam, “Perancangan User Interface dan User Experience pada Placeplus menggunakan pendekatan User Centered Design,” Univ. Islam Indones., vol. 1, p. 8, 2020.

S. Supardianto and A. B. Tampubolon, “Penerapan UCD (User Centered Design) Pada Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset TI Berbasis Web di Bid TIK Kepolisian Daerah Kepulauan Riau,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 4, no. 1, pp. 74–83, 2020, doi: 10.30871/jaic.v4i1.2108.

A. A. N. Krisnanda Putra and W. Suparta, “Analisis Efektivitas Aplikasi e-Batik Dalam Upaya Memperkenalkan Batik Indonesia Kepada Dunia,” Widyakala J., vol. 6, no. 2, p. 156, 2019, doi: 10.36262/widyakala.v6i2.203.

D. Firmansyah and Dede, “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review,” J. Ilm. Pendidik. Holistik, vol. 1, no. 2, pp. 85–114, 2022, doi: 10.55927/jiph.v1i2.937.

H. Rahmawati and S. Saifulloh, “Evaluasi Sistem Informasi Pendaftaran Dan Rapor Siswa menggunakan metode Hot Fit,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., pp. 117–126, 2022.

S. Saifulloh and R. Pamungkas, “Evaluasi WEB Mobile Untuk Kemudahan Layanan Administrasi Menggunakan Usability Testing,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., pp. 383–388, 2018.

Kharis, P. I. Santosa, and W. Wa. Winarno, “Evaluasi Usability pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan System Usability Scale (SUS),” Pros. SNST ke-10, pp. 241–245, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604