Evaluasi Kualitas e-Learning SMA Negeri 1 Kota Madiun menggunakan Metode PIECES

Wahyu Ambar Ningrum, Mei Lenawati, Andria Andria

Abstract


SMA Negeri 1 Kota Madiun sebagai salah satu bagian dari Lembaga Pendidikan yang menerapkan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan e-eearning sebagai fasilitas untuk membantu melancarkan proses pembelajaran secara online yang terjadi antara siswa dan guru baik dikelas maupun di luar kelas. E-learning di SMA Negeri 1 Kota Madiun belum pernah dilakukan evaluasi terhadap sistem e-learning, sehingga belum diketahui seberapa kualitas e-learning terhadap user. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Evaluasi Kualitas e- learning di SMA Negeri 1 Kota Madiun menggunakan Metode PIECES”. Adapun hasil dari evaluasi yang diharapkan dapat membantu pihak sekolahan dalam melakukan peningkatan kualitas sistem e-learning yang dikelola sehingga mampu melakukan perbaikan-perbaikan agar dapat meningkatkan kualitas e-learning yang baik dan sesuai kebutuhan user. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas e-learning di SMA Negeri 1 Kota Madiun menggunakan metode PIECES. Metode PIECES merupakan metode yang ditinjau dari aspek performa, informasi, ekonomis, efisiensi, keamanan serta pelayanan yang digunakan untuk mengetahui permasalahan yang ada pada suatu sistem, sehingga dapat diketahui solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul

Keywords


e-Learning; Evaluasi; Kualitas; PIECES

Full Text:

PDF

References


Asmara, J. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(1), 1–7.

Dharmawan, N., Gani Indriyanta, & I Kadek Dendy Senapartha. (2022). Analisis Keamanan Jaringan Universitas Kristen Duta Wacana Dengan Serangan Ssl/Tls. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.21460/jutei.2022.62.214

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Husain, B., & Basri, M. (n.d.). Pembelajaran e-learning di masa pandemi.

Klara, I., Butar, B., & Yoraeni, A. (2022). Analisis Kualitas Website Po . Agramas Menggunakan Metode Pieces. Indonesian Journal on Networking and Security, 11(2), 77–84.

Novita, A., & Andiarni, A. (2019). Prototipe E-Learning Untuk Pendalaman Dan Evaluasi Materi Pembelajaran Pada Smpn 1 Samigaluh. Jurnal Ilmu Pen, 4(2), 211–216.

Sistem Informasi_Elisabet yunaeti_024042.pdf. (n.d.).

Wattimena, N., & Manuputty, A. D. (2021). Evaluasi Kualitas Sistem Informasi Naskah Kuno Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Salatiga. Sebatik, 25(1), 74–81. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1315

Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604