Implementasi Branding Digital “Sobat Keling"

Sunar Tejo, Candra Pamungkas, Dimas Setiawan

Abstract


Tim PKM-KC Universitas PGRI Madiun kali ini membuat protototipe rancangan aplikasi tracking “Sobat Keling” untuk memudahkan pedagang dan pembeli menjalankan transaksi. Memberi solusi untuk para pedagang dan para calon pembeli untuk memudahkan menemukan pedagang yang keliling. Tujuan adanya sobat keling berupaya mendukung upaya Kementerian Perdagangan dalam mendorong perkembangan digitalisasi agar UMKM untuk dapat memasarkan produknya secara digital baik di pasar dalam negeri dan luar negeri. Dalam prosesnya pengambangan program tim PKM-KC Sobat Keling diwajibkan oleh pemberi funding untuk melakukan branding digital terkait produk yang dibuat yang nantinya dipublikasikan di sosial media instagram. Adapun metode yang digunakan dalam membangun branding digital adalah dengan menggunakan design thinking process.Branding adalah sebuah kegiatan komunikasi dan juga mempertahankan brand. Optimasi branding digital dengan memanfaatkan metode design thinking framework Dari hasil postingan baik reels, post, dan Grid post didapat Jangkauan 1000 akun lebih, dengan rentang usia rata rata 25-34 tahun mencapai 46,2%. Jenis kelamin pria 55,3%. Dengan jangkauan terbesar kota Madiun.


Keywords


Branding; Design Thinking Framework; PKM KC; Sobat Keling

Full Text:

PDF

References


Katadata, “Jumlah UMKM di indonesia 2022,” katadata.co.id, 2023.

D. Setiawan and M. Lenawati, “Peran Dan Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0,” Res. J. Comput., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2020.

C. Thang and R. Iswanto, “PERANCANGAN BRAND ACTIVATION UNTUK STARTR BRANDING BESERTA MEDIA PROMOSINYA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS,” J. Vicidi, vol. 13, no. 1, Jun. 2023, doi: 10.37715/VICIDI.V13I1.3948.

N. D. RAMADHAN, “PERANCANGAN BRANDING BRAND IDENTITY MOLLEX,” Nov. 2022.

S. Sayatman, B. M. Soewito, and N. Noordyanto, “Pengembangan Konsep Brand Identity dan Visual System ITS yang Lebih Terintegrasi,” J. Desain Idea J. Desain Prod. Ind. Inst. Teknol. Sepuluh Nop. Surabaya, vol. 20, no. 1, pp. 10–15, Jun. 2021, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://iptek.its.ac.id/index.php/idea/article/view/9329.

I. Gusti, A. Bagus Wimajaya, A. Agung, G. Bagus Udayana, and W. Nuriarta, “PERANCANGAN BRAND GUIDELINE COVITA,” AMARASI J. DESAIN Komun. Vis., vol. 4, no. 02, pp. 245–255, Jul. 2023, doi: 10.59997/AMARASI.V4I02.2408.

Y. Widya, S. Warsaa, and N. W. Kabelen, “Analisis Visual Penerapan Brand Equity Pada Video City Branding ‘Shining Batu,’” J. Desain Komun. Vis. Asia, vol. 7, no. 01, pp. 19–32, Feb. 2023, doi: 10.32815/JESKOVSIA.V7I01.915.

A. Agung et al., “PERANCANGAN LOGO BRAND IDENTITAS OBJEK WISATA TUKAD BARONG SEBAGAI UPAYA BRANDING DAN PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI,” Aptekmas J. Pengabdi. pada Masy., vol. 6, no. 2, pp. 47–52, Jun. 2023, doi: 10.36257/APTS.V6I2.6566.

Y. R. Santoso, H. Yudani, B. Dian, and A. Maer, “PERANCANGAN VISUAL BRANDING DAN PROMOSI MADU MOON SMILE MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM,” J. DKV Adiwarna, vol. 1, no. 0, p. 10, Jun. 2022, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12264.

M. T. Imanuel, H. Yudani, B. Dian, and A. Maer, “PERANCANGAN STRATEGI BRANDING TOKO KEMASAN PLASTIK ANAK RAJA DAN PROMOSINYA MELALUI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS,” J. DKV Adiwarna, vol. 1, no. 0, p. 11, Jun. 2022, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12290.

M. K. Pertiwi and M. Martadi, “PERANCANGAN BRAND IDENTITY UMKM JAMU SABAY,” Desgrafia, vol. 1, no. 1, pp. 199–212, Jul. 2023, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/54894.

D. Setiawan, “TEORI & PRAKTIK MULTIMEDIA BISNIS,” 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604