Optimasi Learning Management System dalam mendukung Pembelajaran pada Sekolah Dasar

Noordin Asnawi, Mei Lenawati

Abstract


Dalam proses belajar mengajar terdapat banyak faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran yaitu pendidik, peserta didik, lingkungan, metode belajar, dan media pembelajaran. Dalam hal ini media pembelajaran dapat digunakanlah sebuah teknologi. Teknologi digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar dalam sekolah, dari tingkat dasar sampai dengan tingkat tinggi. Teknologi yang banyak digunakan dalam pembelajaran diantaranya e-learning, google classroom, whatsapp, zoom, serta media informasi lainnya. Di masa pasca pandemi saat ini, membuat adanya adaptasi baru dalam pembiasaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode hybrid learning yang memungkinkan pembelajaran kombinasi dapat dilakukan secara luring maupun daring. LMS (Learning Management System) merupakan perangkat utama dalam pembelajaran e-learning, platform daring ini mampu menyimpan seluruh materi dan aktivitas pembelajaran, sehingga memudahkan para guru dan siswa untuk saling terhubung dan berinteraksi satu sama lain dalam berbagi materi dan aktivitas pembelajaran lainnya. Namun dalam implementasinya masih terdapat kesulitan-kesulitan yang dialami baik dari guru maupun siswa. Oleh karena itu dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini mengambil tema mengenai optimalisai penggunaan LMS pada sekolah dasar. Dengan hasil bahwa peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan, namun juga terdapat kekurangan yaitu terkait waktu pelaksanaan pelatihan yang dirasa kurang.

Keywords


Media Pembelajaran; LMS; Sekolah Dasar; Optimasi

Full Text:

PDF

References


S. N. I. Trisnawati, “Pengembangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Learning Management System Schoology di SMK Muhammadiyah Delanggu,” J. Pendidik. Nusant., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2022.

K. Berta Dinata, W. Dicky Irawan, P. Bayu Nugroho, and U. Muhammadiyah Kotabumi, “Pelatihan Penggunaan Learning Management System Sebagai Upaya Optimalisasi Pembelajaran Hybrid,” pp. 1–10, 2022.

U. Saputro, “Melalui Learning Management System Google Classroom Kelas X Mipa Di Sma Negeri 2 Wonogiri,” 2021.

A. C. Panjaitan and D. Octariani, “Optimalisasi Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19 Menggunakan Google Classroom Dan Zoom Meeting Pada Matakuliah Statistika,” J. Math. Educ. Sigma [JMES], vol. 2, no. 1, pp. 25–29, 2021, doi: 10.30596/jmes.v2i1.6752.

N. Maziyyah and B. Rahajeng, “Peningkatan Keterampilan Teknologi Informasi untuk Optimalisasi Tata Kelola dan Proses Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal,” BERDIKARI J. Inov. dan Penerapan Ipteks, vol. 8, no. 2, pp. 75–83, 2020, doi: 10.18196/bdr.8279.

R. R. El Akbar, L. Herawati, and H. Sulastri, “Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia Model Awal Optimalisasi Kualitas Learning Management System Mendukung Transfer Of Knowledge Pada Penyelenggaraan Hybrid Learning Program Organisasi Penggerak An Initial Model Optimizing the Quality of a Lear,” vol. 8, no. 1, pp. 28–35, 2023.

R. Ritzkal and R. F. Rachmawati, “Analisis Gap Evaluasi Kualitas Sistem E-Learning di Universitas Ibn Khaldun Bogor,” IJEIS (Indonesian J. Electron. Instrum. Syst., vol. 12, no. 1, p. 47, 2022, doi: 10.22146/ijeis.72631.

M. A. Mahbub, “Optimalisasi penggunaan Learning Management System (LMS) dalam pembelajaran virtual untuk guru di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jember,” Transform. J. Pengabdi. Masy., vol. 17, no. 1, pp. 107–116, 2021, doi: 10.20414/transformasi.v17i1.3055.

A. R. Khunaifi, A. Supriyadi, and D. Setyawan, “Pemanfaatan aplikasi learning management system (LMS) menggunakan sevima edlink bagi guru SMA,” J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 2, p. 189, 2022, doi: 10.33474/jipemas.v5i2.13978.

L. R. A. Agnes and Program, “Optimalisasi Media Pembelajaran dalam Hybrid Learning pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari) di SMP Negeri 50 Surabaya,” J. Pendidik. Sendratasik, vol. 11, no. 2, pp. 276–290, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604