Transformasi Digital di Ruang Redaksi: Workshop Jurnalisme Data Menggunakan Timeline.js

Rachmad Imam Tarecha, Pangestuti Prima Darajat, Priska Choirina, Novia Ratnasari, Zurriat Nyndia Rahmawati

Abstract


Kepercayaan publik terhadap media dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah bentuk penyajian berita. Membaca berita berbentuk ringkas misalnya, mempengaruhi 28,0% tingkat kepercayaan terhadap berita. Membaca berita berbentuk infografis mempengaruhi 36,4% tingkat kepercayaan terhadap berita. Peningkatan kepercayaan pembaca terhadap media dapat diupayakan melaui peningkatan kemampuan  sumber daya manusia di ruang redaksi untuk menyajikan berita dalam bentuk  infografis interaktif berbasis web. Sayangnya, infografis interaktif berbasis web memerlukan pengetahuan terkait pemrograman yang tidak semua ruang redaksi memiliki ahli pemrograman. Karena itu, tim pengabdian masyarakat mengadakan workshop jurnalisme data menggunakan Timeline.js yang dapat digunakan untuk membuat infografis berbasis timeline tanpa perlu keahlian pemrogramman. Workshop diikuti oleh anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) se-Malang Raya, dengan pemaparan pemateri dari narasumber dan praktik langsung. Setelah workshop, peserta telah memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan penggunaan Timeline.js pada media masing-masing.

Keywords


Timeline.js; Jurnalisme Data; Traformasi Digital; Ruang Redaksi; Jurnalisme

Full Text:

PDF

References


M. Syahrul Kurniawan, P. Setyosari, and S. Ulfa, “ANIMASI INFOGRAFIS BAHAYA MEROKOK MATA PELAJARAN PENJASORKES,” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 119–232, 2021, doi: 10.17977/um038v4i22021p138.

U. N. Pratama and S. Herbekti, “Penilaian Presentasi Infografis Materi Pedagogi Seni Pertunjukan untuk Mendukung Pembelajaran Zoom Meeting,” Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 6, no. 2, p. 61, Jul. 2021, doi: 10.32832/educate.v6i2.4888.

S. E. Indrajaya and L. Lukitawati, “Tingkat Kepercayaan Generasi Z terhadap Berita Infografis dan Berita Ringkas di Media Sosial,” Jurnal Komunikasi, vol. 11, no. 2, p. 169, Dec. 2019, doi: 10.24912/jk.v11i2.5045.

D. Indiyati, H. N. Khusnia, and S. Chotijah, “Media vs kepercayaan publik di masa pandemi Media vs public trust during the pandemic,” 2020.

M. Schwab, S. Hao, O. Vitek, J. Tompkin, J. Huang, and M. A. Borkin, “Evaluating Pan and Zoom Timelines and Sliders,” Association for Computing Machinery (ACM), May 2019, pp. 1–12. doi: 10.1145/3290605.3300786.

A. Hadita, R. Yusuf, and E. D. Darmawan, “Metode Partisipatif Pada Pelatihan Financial Life Skills Untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Pengajar Tridaya Group Bandung,” Sebatik, vol. 25, no. 1, Jun. 2021, doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1266.

L. Glitsos, “World-ready: A Journalism Capstone Unit Model with International Focus in a Pandemic and Post-pandemic Landscape,” Asia Pacific Media Educator, vol. 31, no. 1, pp. 19–33, Jun. 2021, doi: 10.1177/1326365X211003743.

Jonathan JOVÉ DOMÍNGUEZ, “TimelineJS,” Universidad Nacional de Educación a Distancia, 2022.

Kristina Golubiewski-Davis, “Timeline.JS,” 2021. https://guides.library.ucsc.edu/DS/Resources/TimelineJS#:~:text=Timeline%20JS%20is%20an%20open,affected%20a%20particular%20historical%20period (accessed Jun. 21, 2023).

Knight Lab, “Media Types,” 2023. https://timeline.knightlab.com/docs/media-types.html (accessed Jun. 21, 2023).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604