Pelatihan Penggunaan Google Classroom untuk Pembelajaran Daring di SD Al Husna Kota Madiun

Halwa Annisa Khoiri, Wildanul Isnaini, Putri Cahyaningtyas

Abstract


Pandemi Covid-19 menumbuhkan kebiasaan baru dalam sistem pendidikan di Indonesia. Sistem pendidikan dan pembelajaran sudah banyak memanfaatkan teknologi dalam prosesnya. Oleh karena itu, para guru diharuskan memiliki kecapakapan dan mampu menyesuaikan diri di era digitalisasi ini. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, dilakukan pelatihan Google Classroom untuk guru di SD Al Husna. Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan digitalisasi secara sederhana untuk para guru, sehingga dapat diterapkan dalam pengajaran di sekolah. Berdasarkan nilai pre-test dan post test yang diuji menggunakan mean untuk sampel berpasangan diketahui bahwa nilai p-value = 0 < 0,05, artinya pelatihan memberikan efek yang signifikan terhadap kenaikan nilai post-test. Hal ini juga selaras dengan hasil evaluasi yang dilakukan oleh peserta kepada pemateri, diperoleh hasil para peserta puas dengan pelatihan yang diberikan, namun ada satu kekurangan yaitu durasi waktu sehingga peserta tidak bisa mengajukan banyak pertanyaan.


Keywords


Digitalisasi; Google Classroom; Pelatihan; SD Al Husna; Sekolah Daring

Full Text:

PDF

References


Ambalegin, “Implementasi Kurikulum 2013 Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Pengajaran Bahasa Inggris SMA/SMK Berbasis Teks The Collaboration of Scientific Approach and Textbook-Based Approach in Teaching English for SMA/SMK: Curriculum 2013’s Perspective,” J. Puan Indones., vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2020.

I. A. Nababan, L. Fernando Simatupang, and B. A. Simamora, “Pelatihan E-Learning Zenius Education dalam Mengembangkan Soft Skill Guru SMP NEGERI 11 Pematangsiantar,” J. Penelit. dan Pengabdi. Masy. Nomensen Siantar, vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2022.

R. Adawiyah and U. Darwis, “Efektivitas Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Kelas Iv Sd 101871 Sidodadi,” Pedagog. J. Ilm. Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 52–56, 2022, doi: 10.47662/pedagogi.v8i1.244.

Sabran and E. Sabara, “Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran,” Pros. Semin. Nas. Lemb. Penelit. Univ. NEGERI Makasar, pp. 122–125, 2019, [Online]. Available: https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SS_jKM_r2TAJ:https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id.

M. Masram, I. Purwanti, N. Sulistyoningsih, E. H. F. Cholaniyah, and S. Musarofah, “Pelatihan Penggunaan Google Classroom Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Bagi Guru,” J. Pengabdi. Masy. Manag., vol. 1, no. 2, pp. 117–121, 2020, doi: 10.32528/jpmm.v1i2.3985.

V. A. Permatasari and B. Rosy, “Keefektifan Aplikasi Google Classroom sebagai Penunjang Media Pembelajaran Mata Pelajaran Kearsipan di SMKN 10 Surabaya,” J. Off. Adm. Educ. Pract., vol. 1, no. 3, pp. 376–390, 2021, doi: 10.26740/joaep.v1n3.p376-390.

R.- Atikah, R. T. Prihatin, H. Hernayati, and J. Misbah, “Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Petik, vol. 7, no. 1, pp. 7–18, 2021, doi: 10.31980/jpetik.v7i1.988.

L. SUFIYAH, “Penggunaan Google Classroom Dan Google Form Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sman 3 Jember,” J. Pendidik. Ekon. Akunt. dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2022, doi: 10.29407/jpeaku.v2i1.18045.

B. Mulatsih, “Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19 Application of Google Classroom, Google Form and Quizizz in Chemical Learning During the Covid-19 Pandemic,” Ed. Khusus KBM Pandemi COVID, vol. 5, no. 1, pp. 19–35, 2020.

W. D. Setyaningsih and S. Hidayat, “Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa,” PEDADIDAKTIKA J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 8, no. 3, pp. 727–741, 2021, doi: 10.17509/pedadidaktika.v8i3.39243.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604